Podcasts I'm Listening to

Hola :) Assalamu'alaikum :) (mencoba pembukaan yang lebih islami karena lagi Ramadhan)

Jadi hari ini mau bahas podcast.
Sebelumnya, aku ga tertarik sama sekali dengan adanya podcast, audiobook, dll, karena aku anaknya dominan visual, bukan audio (meskipun kombinasi audio-visual adalah yang the best buat aku). Tapi aku suka banget dengerin musik dan headset itu selalu tersangkut di kuping, bisa seharian kalo lagi di kantor. Sampai aku pada akhirnya memutuskan untuk berlangganan Spotify premium (paket family tentunya, dipakai sama aku, 3 adik aku, dan satu temen kantor, hehe), akhirnya aku punya kesempatan untuk eksplorasi fitur-fitur yang ada di Spotify ini. Sebelumnya aku memutuskan langganan spotify supaya ga usah capek-capek download lagu di hape, karena dia ada fitur offline. Trus juga supaya bisa nambah referensi musik, biar ga dengerin artislagu yang sama terus menerus dengan fitur Discovery Weekly dia. Dan disitu aku baru sadar dong, kalau ternyata Spotify juga ada fitur podcastnya.

Sebenernya beberapa waktu lalunya udah sempet coba dengerin podcast, tapi lewat aplikasi lain (yang pada akhirnya ga bertahan lama). Begitu tau Spotify punya podcast, cobalah aku searching-searching ada program apa aja, dan ternyata banyak banget! Tertariklah aku untuk mencoba mendengarkan podcast kembali dan ternyata lumayan menyenangkan kok! Yeay, nambah satu lagi kegiatan produktif, wkwkwk.

Aku mau share beberapa program yang udah rutin aku dengerin selama kurang lebih 3 bulan ber-podcast ria.

1. Thirty Days of Lunch

Salah satu faktor yang bikin aku betah dengerin podcast itu, 1) topiknya, 2) narasumbernya, 3) host-nya, dan menurut aku Thirty Days of Lunch ini bagus banget dalam nge-balance ketiga hal tersebut :) Pertama, topiknya kekinian banget, pas buat (katanya) generasi millenial kaya aku, mulai dari karir, finansial, hobby, pokoknya banyak macam topic dicover dan narasumbernya selalu oke. Ditambah menurut aku host-nya ini pinter juga, jadi suasana obrolannya itu dinamis dan ga membosankan untuk didengar. I highly recommend this (pake nada Suhay Salim) buat kalian yang nyari podcast asik-asik plus nambah pengetahuan.


2. Asumsi Bersuara

Kalau kamu adalah orang yang mau menjadi 'pintar' dengan isu-isu terkini, inilaah podcast yang harus kamu dengerin. Karena Asumsi Bersuara ini selalu mengangkat topik-topik terkini yang lagi 'hot' di masyarakat dengan narasumber yang relevan, jadi kita ga cuma tau berita/ilmu dari tulisan sosmed aja, tapi bisa dari pakarnya langsung (yaa, meskipun ga terlalu yang pakarnya juga sih). Topik-topik yang udah dibahas itu tentang HGU, Pemilu (pastinya), UU ITE, RUU PKS dan topik-topik lain yang pasti ga asing dan berseliweran di dunia maya.
Makanya episode podcast Asumsi itu termasuk yang aku tunggu-tunggu topik pembahasannya. Ditambah lagi, durasi podcast yang di-set 30 menit, yang menurut aku durasi yang sangat pas untuk sebuah podcast. Selamat mendengarkan dan menjadi pintar!



3. Kejar Paket Pintar

Oke, kalau ini jelas podcast yang didedikasikan untuk memjadikan kita pintar. Eits, tapi kok? wkwkwkw. Jadi podcast ini di-host oleh dua mba-mba gaul (Mba Laila dan Mba Dara) yang membahas tentang beragam topik, mulai dari yang ringan seperti gosip-gosip terkini, sampai topik yang lumayan berat (seperti feminisme dan perempuan dalam islam). Temanya kebanyakan tentang perempuan ya. Aku suka banget pembawaan host-nya disini, kaya lagi ngobrol-ngobrol asik gitu. Kita jadi yang dengerinnya juga ikut jadi asik (?)
Sayangnya, mereka ga rutin tiap minggu ngeluarin episode, jadi hanya bisa harap-harap cemas menunggu episode baru tayang. Ditunggu loh mba, hehe :)



Nah, itu tadi 3 program podcast yang udah rutin aku dengerin dan ingin aku rekomendasikan ke orang-orang yang ingin memulai mendengarkan podcast juga. Meskipun aku juga sedang mencari-cari inspirasi podcast lain (terutama yang bahasa inggris) yang bisa diikuti dan udah follow beberapa meskipun belum coba dengerin. Nanti aku kasih review tambahan ya :)

Tapi listnya ga berakhir disini~ Aku tuh ga selalu dengerin podcast, kadang masih dengerin musik juga. Jadi, podcast itu aku setel mainly pas di kantor, biasanya pagi-pagi pas lagi sarapan sambil main game di hape (ups), pas lagi istirahat siang, atau pas lagi gabut a.k.a ga ada kerjaan di kantor (atau ada kerjaan tapi yang ga perlu mikir, wkwk). Kadang pas malem, sambil nulis diary atau berleha-leha, haha.

Memasuki bulan Ramadhan, aku cari lah podcast-podacst yang lebih islami dan udah ada beberapa yang aku dengerin dan aku enjoy sampai sekarang (warning: semuanya podcast tentang perempuan ya).

4. Naptime is Sacred

Podcast ini bertemakan talkshow dengan muslimah di seluruh dunia yang inspiratif dan bergerak dalam bidang keahliannya. Salah satu favoritnya yang aku dengerin terus adalah series 'Women in S.T.E.M' tentang pengalaman para muslimah yang berkiprah di bidang Science & Technology. Duh, memotivasi banget sih. Mereka, para muslimah, di negeri minoritas muslim dan masih struggle dengan hijabnya tapi tetap semangat berkontribusi sesuai dengan passion mereka masing-masing :")



5. Salam Girl!

Nah, pas aku dengerin podcast ini, pikiran aku langsung, "Ya ampun, ini mirip banget formatnya sama Kejar Paket Pintar!!!" wkwkwkw. Disini ada dua mba-mba host juga, namanya Nicole dan Monica, dua-duanya muslimah berdomisili di Texas, Amerika. Topik yang dicover juga sama kaya KPP, mulai dari sekedar chit-chat asik-asikan sampai talkshow inspiratif dengan muslimah 'influencer' di berbagai bidang. Overall, asik banget dengerinnya dan semoga lebih banyak topik-topik seru lagi :)



Sebenernya, di Spotify banyak juga podcast-podcast dari Ustadz-ustadz terkenal, seperti Nouman Ali Khan, Omer Sulaiman, Mufti Menk, Yasmin Mogahed. Beberapa udah aku dengerin dan bagus juga kok. Cuma kalau untuk belajar kaya gitu, sebenernya aku bukan tipe anak yang dengerin ceramah, tapi lebih banyak belajar dari baca buku langsung. Makanya aku ga nge-list podcast ceramah disini, karena aku sendiri ga banyak mendengarkan, hehe. mohon maklum ya.

Sekian dulu serial "What I" episode podcast-nya. Kalau ada rekomendasi podcast bagus, mohon infonya ya :) Thanks!

Comments

Popular posts from this blog

Singapore in 3D2N Part 2 : Itinerary

Pengalaman Ikut Test JLPT!

Testimoni Hamil dan Melahirkan