Testimoni Hamil dan Melahirkan

ga kerasa Sakeenah udah 5 bulan aja (waktu direlease, S udah 6.5 bulan ðŸ« ) kalau di jepang sini, 5 bulan udah boleh mulai MPASI jadi S pun udah mulai makan sedikit2, mainan2 yg dulu terasa terlalu besar untuk di pun udah mulai bisa dimainin. Yaampun, cepat sekali waktu berlalu ya. Karena lagi ada mood nulis juga (read: lg dalam perjalanan di kereta sendirian, S dititip ke otosan), daripada scroll medsos ga jelas, mari kita menulis ttg testimoni hamil dan melahirkan yg aku alami beberapa waktu lalu. Ini hanya cerita subjektif dan pengalaman orang akan berbeda satu sama lain, jadi jangan terlalu dimasukkan dalam hati, semoga bisa ambil hikmahnya aja ya.


Kalau ditanya bagaimana pengalaman hamil dan melahirkan dalam satu kata, it would be 'life-changing'. Secara fisik, jujur sangat lelah, sakit dan ngilu kalo harus mengingat waktu kontraksi dan melahirkannya. Big respect buat para ibu yg bisa melahirkn sampai 3 kali atau lebih karena aku sendiri kalau ditanya 'mau lagi ga?', hmm bakal mikir lama siih. Butuh waktu buat siapin diri menghadapi semua proses itu lagi. 


Dan padahal proses melahirkan aku tuh (alhamdulillah) bisa dibilang lancar dan ga ada masalah, kontraksi kencang di rumah sakit ga sampe 3 jam dan total kontraksi ga sampe 12 jam, alhamdulillah ada gunanya belajar pernafasan dan yoga waktu masih di indo dulu ðŸ˜‚ rasa sakitnya kaya gimana? wah, susah dideskripsiinnya dan mungkin tiap orang beda2. ada momen dimana aku ngerasa semuany putih dan kayak jiwanya mau melayang gitu saking sakitnya. tapi tetap bertahan, bukan fokus ke rasa sakitnya tapi kasih afirmasi positif ke diri sendiri kalau dalam proses ini, bayi kita lagi mencari jalan menuju kelahirannya di dunia baru. 'ayo semangat nak, ummi juga bakal semangat menahan rasa ini' sambil diiringi zikir dan mengingat2 kalo kita tuh lagi jihad. dalam waktu singkat ini aja rasaya udah nano-nano, salut banget sama ibu2 yg bisa kontraksi sampe seharian, kamu hebat ibu! 


lebih menantangnya lagi waktu harus push entah kenapa susah banget, alhasil pendarahan banyak dan dijahit banyak juga. tapi luar biasanya, begitu anaknya keluar, semua rasa sakit berjam-jam hilang seketika (diganti sakit dijahit sih, tapi ga seberapa sakit). Kalo liat video2 melahirkn gitu, banyak ibu yg nangis, tapi aku ga nangis sih entah kenapa ðŸ˜‚ Yang dirasakan tuh capek, pengen tidur, tapi sadar harus ngabarin orang2, jadi yg pertama dicari ada hape, hehe. Ohiya, terasa sepi juga sih karena ga boleh ada keluarga pendamping, jadi semua proses kontraksi, melahirkan, dan rawat inap 5 hari aku lalui sendirian. Ada dokter dan perawat yang bantuin sih, tapi tetep aja sedih ga ada orang yg bisa dicurhatin.


Dan momen ketika aku gendong Sakeenah pertama kalo juga nano-nano banget sih. Tentu saja senang, tapi disertai kenyataan bahwa sekarang ada manusia yang tumbuh kembangnya bergantung kepadaku, 'selamanya' akn menyandang status sebagai anakku. Dan aku pun mulai detik itu 'selamanya' akan menjadi ibu. Wow, udah ga ada jalan mundur lagi nih, nis. Yaah, pokoknya senang, khawatir, bahagia, rasa sayang, takut bercampur aduk lah.


Lalu, mundur lagi ke waktu hamil. Gimana rasanya? Hmm, pengalaman pertama yang tak terlupakan siih. Muntah setelah sekian lama ga pernah, perasaan aneh ada yg bergerak-gerak di dalam perut, dan tentunya rasa tidak nyaman saat tidur. Ga nafsu makam juga terjadi di aku, awalnya ga bisa bau makanan tertentu, sampe akhirnya bau sedapur aku ga bisa, alhasil makan roti, ochazuke, atau apa pun yg ga butuh proses masak. Dan aku ga ada ngidam gitu siih, jadi ga tau rasanya kaya gimana. Mungkin satu2nya ngidam aku adalah pulang ke Indonesia, wkwk, cuma satu tapi mahal bgt ngidamnya ðŸ¤£


Makin tua usia kehamilan, jalannya makin lambat, udah ga kuat naik tangga dan berdiri di densha. Padahal sebetulnya kenaikan berat aku selama hamil tuh ga terlalu besar, total naik 9 kg sampe minggu ke-38 dan itu aja udah berasa susah banget. Apalagi yg naik lebih dari itu yak, huhu luar biasa sekali ibu hamil memang. Setelah melahirkan, belum sampe 1 bulan, aku ada keperluan keluar rumah sendiri dan begitu jalan ke stasiun, kaget banget sama badan sendiri ternyata kok ringan bgt ya ðŸ¤£ðŸ¤£ 


Kalau baca cerita di atas, kayanya hamil tuh ga enak banget ya? emang ga enak siih wkwk. aku jadi ngerti kenapa di Al-Quran dikatakan kalo ibu itu mengandung dengan susah payah, karena emang susah payah banget! hahaha. Tapi.. meskipun sangat sangat exhausting phyisically, it was really rewarding and fulfilling mentally. Betapa luar biasanya kita bisa menjadi perantara dimulainya kehidupan manusia baru. Akan menjadi pengubah hidup setiap perempuan yang mengalaminya. Dan mungkin ga semua perempun siap mengalami hal tersebut. Sedih bgt aku setiap dengar berita ibu yg buang anak, aborsi, dll, lebih ngilu lagi karena udh jadi ibu beneran.


Tapi kalo boleh jujur lagi, nebesarin anak lebih susah ðŸ¥² hehe.

Yasudah deh kita sudahi dulu ya. Apresisi buat anda yg sudah baca sampai akhir. semoga ada hikmah yg bisa diambil.

Comments

Popular posts from this blog

Singapore in 3D2N Part 2 : Itinerary

Pengalaman Ikut Test JLPT!