A week in South Korea: Part 1 (Pre-departure)

Hi! Udah banyak yang pengen ditulis di blog, tapi sebelum gue nulis curhat-curhatan ga jelas seperti biasanya, gue memutuskan untuk menulis seri A week in South Korea dulu. Sebenernya sempet maju mundur gitu sih, nulis ga ya tentang perjalanan gue ke Korea awal tahun ini, karena kan anaknya males mengumbar private life (padahal isi blognya juga curhatan semua wk). Tapi setelah dipikir-pikir, terlalu sayang untuk ga dibagikan ke orang-orang dan mungkin banyak manfaat yang bisa didapat dari tulisan ini tanpa maksud mau pamer atau gimana, so here we are.

Jadi, ceritanya, gue dan keluarga melakukan perjalanan ke Korea Selatan selama 7 hari dari tanggal 30 Desember 2018 - 5 Januari 2019. It was a really great trip dengan segala problem, halang rintangnya yang bejibun. Gue mau berbagi ceritanya disini ya gengs, semoga berkenan :)

Pre-departure

Awal mula sejarah gue bisa ke Korea Selatan adalah ketika lagi ngobrol ga jelas sama adek gue trus entah kenapa tiba-tiba tercetus ide, "Jalan-jalan ke luar negeri yuk!" Tipikal cewek single 20an yang lagi pengen menikmati hidup banget ya, wkwk. Tapi karena kita emang udah punya uang sendiri, makanya diseriusin lah niat itu, target destinasinya pokoknya Asia Timur, antara Jepang, Korea, atau Taiwan. Trus pas kita minta izin ke Ummi, "Mi, boleh ga kita berdua jalan-jalan ke luar negeri?" lalu Ummi gue menjawab, "Kita pergi sekeluarga aja!" WADUH.
Wacana liburan sekeluarga emang ada sih, setelah 2 tahun lalu pergi ke Singapura sekeluarga, dan tahun lalu pergi ke Padang sekeluarga (besar), selalu ada aja yang nyerocos "Yuk, liburan keluarga lagi". Untuk keluarga yang sudah terkena arus digitalisasi seperti keluarga gue (jadi jiwa dan raga masing-masing anggotanya udah kepisah kemana-mana), Ummi gue selalu suka dengan ide "menjebak keluarga di satu tempat, yang mau gamau harus beraktivitas apapun kemanapun bareng-bareng" sebagai bonding keluarga dan tempat jebakan paling ideal adalah luar negeri yang kita ga punya siapa pun selain keluarga kita sendiri. 

So, that is how it begins, sekitar awal tahun 2018. Gue dan Shofi pun menjadi panitia proyek liburan keluarga ke Korea Selatan.

Ummi: "budgetnya sekitar 10 juta/orang bisa ga? itu udah semua ya, tiket, penginapan, makan, transport, pokoknya semuamuanya."
Gue: ???!!!asdfghjklqwertyzxcv

1. Tiket
Kepastian berangkat liburan atau engga itu pasti dimulai dengan membeli tiket. Meskipun udah direncanain dari awal tahun, kita baru bener-bener beli tiket itu H-4 bulan kira-kira. Setelah itu baru bener-bener berasa nyata kalo kita bakal ke korsel. Finally! Yaa, karena budget yang pas-pasan, jadi naik maskapai Air Asia, low cost airlines yang udah super terkenal. Itu juga dapetnya 4 juta-an perorang setelah diskon karena kita pilih tanggalnya akhir tahun a.k.a peak season. Rutenya adalah Jakarta-Kuala Lumpur (2 jam) dan Kuala Lumpur-Incheon (6.5 jam) begitu juga untuk pulang. Sebagaimana low cost airlines pada umumnya, mereka ga bisa pilih tempat duduk, ga dapet makan dan cuma boleh bagasi kabin max. 7 kg. Pokoknya ga ramah banget kalo tipe traveler baju banyak yang mesti bawa koper gede. Tapi kan ya kita keluarga hemat ringkes, jadi kita cuma tambah makanan untuk penerbangan KLIA-ICN & ICN-KLIA (70 ribu/orang) dan tambah bagasi 20 kg pas pulangnya karena pasti bawaan nambah gara-gara oleh-oleh (1 juta). 
Sebenernya kalo mau usaha dikit, mungkin bisa dapet harga yang sama di GATF ya. Tapi gapapa juga sih, keluarga gue kan udah gede-gede ya, jadi ga bakal ada yang rewel juga. Sekalian nyoba Air Asia X yang udah terkenal banget sama slogannya "Now, Everyone can fly Xtra Long". Thanks, Air Asia!

2. Penginapan
Untuk penginapan, akhirnya gue pake Airbnb! Dari dulu penasaran banget pengen coba Airbnb dan emang untuk yang butuh berhemat seperti gue ini Airbnb is the best option around. Pokoknya pre-requisite dari ummi gue soal penginapan adalah yang ada Kompor, Rice Cooker, dan mesin cucinya. Masak sendiri dan nyuci baju udah diniatin dari awal untuk hemat biaya dan hemat bagasi. Sehingga prioritas kriteria gue dalam memilih penginapan adalah:
  1. Fasilitas lengkap
  2. HARGA
  3. Mudah dijangkau transportasi umum
  4. Lokasi strategis, dekat tempat wisata
  5. Muat untuk sekeluarga (6 orang dewasa)
Dari empat kriteria di atas, ketemulah gue dengan rumah ini:



https://www.airbnb.com/rooms/26961293?s=51

Inilah opsi termurah yang bisa gue dapatkan, cuma 3 menit dari stasiun subway terdekat dan muat untuk 6 orang. Perlengkapan masak dan mesin cuci juga ada. Pokoknya memenuhi semua kriteria gue dan yang penting masuk budget. Dan akhirnya gue booking rumah Paul ini. Total 6 juta untuk 7 malem. Not bad, huh?
Gue agak deg-degan juga pas booking sebenernya. Takutnya zonk gitu kan. Jadi gue lumayan ngabisin waktu banyak buat research Airbnb ini, bacain review-reviewnya satu persatu, karena lu ga punya info reliable apa pun selain review dari orang-orang pernah nginep di sana. Dan review rumah Paul ini lumayan bagus dan udah banyak juga yang nginep di sana. 
Reviewnya nanti ya, yang pasti gue SANGAT MEREKOMENDASIKAN rumah Paul ini buat kalian yang mau ke Seoul :)


3. Visa
Satu lagi hal yang paling penting, VISA. Percuma lah udah ngebook pesawat dan penginapan kalo visanya ga ada!! Makanya gue brb ngurus visa. Sebenernya kalo mau gampang, banyak agen travel yang nyedian jasa bikin visa jadi ga perlu repot bolak-balik ke kedutaan. Tapi setelah gue liat, biasanya mereka pasang tarif lebih tinggi dari harga visanya, sekitar 200-300 ribuan. Lah, keluarga gue kan banyak ya orangnya, ada 6 orang, lumayan juga 1.2 juta buat ngurus visa. Akhirnya gue memutuskan untuk ngurus visa sendiri meski harus merelakan cuti gue #sayangkeluarga. 
Sebenernya ga ribet banget sih ngurus visa, infonya udah ada di web dan banyak juga blog yang ngebahas tentang tips mengurus visa, salah satunya yang gue jadikan pedoman adalah


disitu udah lumayan lengkap kok jelasinnya. Tapi emang dasar anaknya parnoan, banyaak banget khawatirnya. Untung ada temen SMP (shout out for Assa!) yang kerja di kedubes korsel jadi bisa nanya-nanya ke dia tentang kebingungan gue seputar pervisaan ini. D-day gue ke kedubes itu agak menegangkan sih, soalnya dokumennya langsung diperiksa di loketnya gitu kan, takut kurang sesuatu dan udah siap-siap minta orang-orang Jakarta (a.k.a Ortu) stand by kalo butuh apa-apa. Alhamdulillah, semuanya lancar dan gue diminta nunggu seminggu sampe dapet pengumuman visanya di-approve atau engga. 
Nah, seminggu penantian itu juga stressful banget (yaampunnis, lebay banget emang). Gue udah mikir macem-macem aja, gimana kalo visanya ga di-approve, gimana kalo gue salah nulis formulir, dll. Dan kelegaan ketika visa lu diapprove tuh.... puas banget rasanya! Alhamdulillah, satu langkah lebih dekat ke korsel.


4. Itinerary
So, we went deeper to what we want to do in South Korea if we get there. Sebenernya itinerary ini bagiannya Shofi, bagi tugas karena sengguh gue ga punya waktu sebanyak itu buat research tempat wisatanya juga. Hidup buruh itu keras bung, hehe. Kalau itinerary mah, sesuai selera masing-masing traveler ya, dia mau dapet apa di tripnya kali ini. Karena kita first timer di Korea, kita fokus ke main tourist attraction-nya Korea terutama Seoul karena obyek wisata di korsel tuh banyak banget!! Bahkan gue udah spare waktu 4 hari full di Seoul aja masih banyak yang ga kesentuh cuy. Intinya itinerarynya difokuskan ke Seoul (4 hari) sama Everland di Gyeonggi (1 hari full) dan Nami Island (1 hari full).
Oh ya, trip ini tuh gue ga pake guided tour (tapi pas ke Nami Island, kita pake sih) karena kita pengen  lebih leluasa aja dari sisi waktu dan tenaga, selain dari sisi biaya yang pasti lebih murah daripada ikut tour gitu. Apalagi ada manusia rewel di keluarga gue yang rada susah diajak kompromi, kalo ngambek kan bisa ditinggal di penginapan aja, wkwk.
Referensi itinerary juga banyak banget di google, tinggal disesuaikan dengan selera pribadi aja. Tapi yang paling banyak gue baca in particular adalah https://www.havehalalwilltravel.com karena main targetnya adalah muslim traveler. Jadi, banyak banget info berguna yang muslim harus tau ketika traveling ke luar negeri, kaya lokasi tempat sholat, restoran halal, snack halal, dan travel hack bermanfaat lainnya.


5. Tiket atraksi/tempat wisata
Sebagai catatan, kebanyakan tempat wisata di korea tuh berbayar. Bisa juga kalo lu mau ambil opsi tempat-tempat yang free entry atau cuma liat-liat suasana tanpa mencoba masuk, tapi gue sih bilang sayang banget udah jauh-jauh ke korea tanpa masuk ke atraksinya. Tapi karena pengen hemat biaya juga, gue dan Shofi udah cari-cari harga tiket masuknya pas nyusun itinerary untuk estimasi budget. Dan (ternyata) kebanyakan tiket-tiket tersebut udah bisa dibeli sebelumnya dari website-website 3rd party yang jadi agen tiketnya, dengan harga lebih murah daripada beli OTS! Gue memutuskan untuk memakai Klook (https://www.klook.com/id/) untuk membeli semua tiket-tiket yang gue butuhkan. 
Gue sukaaaak banget sama Klook dan setelah baca-baca, dia emang salah satu agen tiket atraksi terbaik yang ada sekarang. Pertama, karena klook itu lengkap, segala tiket yang gue inginkan ada di sana DENGAN HARGA LEBIH MURAH. Kedua, karena namanya udah cukup besar, proses penukaran tiket atau redemptionnya relatif lebih mudah. Biasanya tinggal diliatin aja, bahkan kalo di Namsan Tower, dia ada loket khusus buat tiket dari Klook. Memudahkan banget kan? Tiket-tiket yang gue beli dari Klook adalah:
  • AREX Incheon Airport Express One Way Ticket. Jadi, ini tuh tiket trasnport kereta dari bandara dari Seoul. Kalo lu liat peta, Incheon tuh rada jauh dari pusat kota, jadi lu masih harus mikir transport dari bandara ke Seoulnya. Nah, kereta ini salah satu opsinya. Kalo beli langsung di counternya, harganya kalo ga salah 8000 won (=104 ribu). Di klook gue cuma bayar 80 ribu!
  • Everland 1 Day Ticket
  • Shuttle bus transfer between Seoul and Everland. Karena Everland itu ada di luar kota Seoul, kalo naik umum biasa, bisa makan waktu 1-1.5 jam kesana (itu pun kalo ga nyasar). Makanya kita memutuskan untuk ikut shuttle bus
  • Nami Island + Rail Bike + Garden of Morning Calm by Ktourstory. Ini kita ikut guided tour (sebenernya ga guided banget, karena kita dikasih banyak waktu bebas juga) karena Nami Island itu pulau lain lagi yang rada ribet kalo haris kesana sendiri.
  • N Seoul Tower Ticket - Klook Exclusive Lane
Btw, udah panjang juga ya tulisannya, fyuh :")

6. Wi-fi Pocket
Ini juga penting! Lu di negara orang, ga kenal siapa-siapa, yang pasti connectivity penting banget, minimal untuk jaga-jaga, nyari jalan kalo nyasar. Alhamdulillahnya, zaman canggih sekarang udah banyak banget jasa penyewaan wifi pocket yang bisa kita bawa dan pake di belahan bumi mana pun. Di trip ini, gue pinjem wifi pocket ke Passpod (https://passpod.com) karena banyak review bagusnya. Dan harganya juga ga terlalu mahal sih, untuk 7 hari tarifnya 490 ribu. Itu satu wifi pocket koneksi 4G unlimited dengan kemampuan konek sampe 5 perangkat. Oke banget ga? Baiknya lagi, di paketnya dia pinjemin power bank untuk jaga-jaga kalo batre wifi pocketnya abis. Ini sungguh membantu gue banget selama di Korea, jadi bisa akses map kalo lagi bingung jalan, bisa buat browsing juga pas lagi butuh hiburan di subway. Recommended!

7. Packing
Seminggu sebelum berangkat, baru berasa adrenalinnya "Yaampun, kita beneran mau ke korea ya", kayanya tiap hari ada aja yang ngomong kaya gitu di rumah :") Karena kita ke Korea pas lagi musim dingin, dan menurut banyak sumber, Januari itu puncak-puncak dinginnya Korea, jadilah kita siap-siap ekstra soal baju. Untung ortu gue adalah survivor musim dingin Jepang selama belasan tahun, jadi mereka tau baju kaya gimana yang harus dibawa kesana. Pokoknya kalo kata ummi gue, pake baju yang bikin hangat di dalam (2-3 lapis, lapis luarnya sweater yang hangat) dan paling luar pakai jaket yang fungsinya untuk menahan angin. Bawa juga sarung tangan, syal, topi untuk yang mau melindungi kepala dari dingin. Jadilah gue bawa satu jaket kedap angin, 3 sweater, 3 kemeja/kaos, 3 legging, 2 rok, 1 sepatu dan peralatan lain sebagaimana biasa travelling. Handuk udah disediain dari penginapan jadi lumayan mengurangin bawaan. Skincare terutama lip balm dan pelembab penting banget, karena muka gue super rusak selama disana gara-gara kena angin, dingin wkwk. Trus lesson learned gue dalam berpakaian selama musim dingin di Korea adalah pakai masker! Karena anginnya itu loh, jahat banget. Bisa ditutup bagian mata ke bawah pake syal, tapi jauh lebih praktis kalo pake masker.


THE DRAMA PART
Here comes the climax part dari tulisan Part 1 ini. Jadi, dramanya adalah 5 hari sebelum berangkat, kita sekeluarga pergi ke rumah nenek, silaturahmi seperti biasa. Adek cowo gue, Hilmi, masuk kamar karena masu tidur siang. Ngantuk katanya. Setelah beberapa jam tidur siang, nenek gue bilang "Kayanya Hilmi demam deh". Setelah ummi gue cek, ternyata dia emang demam tinggi banget. Pas coba dibangunin, dia malah meriang dan kejang-kejang gitu. Ga bisa gerak, sesak nafas, dan demam tinggi banget. Paniklah semua orang. Hilmi dibawa ke rumah sakit dan diperiksa macem-macem, sampe akhirnya malem itu diputuskan dia harus dirawat inap untuk observasi lanjut. 
Singkat cerita, ternyata Hilmi kena demam berdarah. Dan kata dokternya... dia ga bisa pergi ke Korea. Jreng, jreng, jreng.. 
Selama Hilmi di rumah sakit, gue dan Shofi udah mikirin beberapa skenario tetang nasib liburan ke korea ini. Pertama, batal ke korea, yang adalah sangat ga mungkin karena pesawat udah dibeli (dan ga bisa diganti jadwal). Kedua, ummi dan abi jaga hilmi di rumah sakit dan sisa anak-anaknya disuruh pergi sendiri. 

Jadinya gimana? Keputusan akhirnya adalah Abi gue yang tinggal jagain Hilmi, dan sisa kita ber 4 (ummi, gue, shofi, azzam) yang berangkat ke korea. Sedih banget sih sebenernya, ga jadi pergi sekeluarga ke Korea. Tapi abi gue udah pernah ke Seoul dan dia ada rapat penting tanggal 3 Januari yang bikin dia harus pulang lebih awal. Hilmi... gue sejujurnya gatau sih perasaan dia kaya gimana. Mungkin dia sedih, tapi anaknya selow sih. Alhamdulillah ga ngerengek minta ke Korea juga wkwk.

Jadi begitulah plot twist dari cerita persiapan gue ke korea sekeluarga. Seru ga? wkwkw

Selanjutnya gue bakal cerita apa yang kita berempat lakukan selama di Korea plus spamming foto-fotonya. Stay tunes!


Comments

fitrihasanah said…
Uwuuu seru bgt liburan sekeluarga :""
Ditunggu part selanjutnya aniiis. Jan lamalama yaa
Maryam said…
Yampun nis plot twistnyaaa :")
Ditunggu postingan berikutnyaaa <3

Popular posts from this blog

Singapore in 3D2N Part 2 : Itinerary

Pengalaman Ikut Test JLPT!

Testimoni Hamil dan Melahirkan