Ramadhan Kantoran (2018)

Marhaban Ya Ramadhan :) Selamat menunaikan ibadah puasa semuanya. Alhamdulillah, dipertemukan kembali dengan Ramadhan lagi tahun ini dengan kondisi yang sehat wal afiat tidak kurang satu apa pun. Semoga kita bisa meraih, menggali, menabung pahala sebanyak-banyaknya di bulan Ramadhan ini dan menambah investasi kebaikan yang akan kita tuai untungnya nanti di akhirat nanti. Amiin.

So, ini adalah tahun pertama gue puasa sebagai karyawan kantoran. Beda? Beda banget. Sekarang gue ngerti kenapa semua orang bilang kangen Ramadhan di Bandung. Selain karena cuacanya lebih bersahabat di Bandung, tapi suasana di Bandung (terutama di kampus ya) itu sangat kondusif untuk kamu menjalankan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya. Apalagi dengan adanya oase bernama masjid Salman. Udah enak banget pokoknya. Mungkin untuk gue, selain Bandungnya, gue juga kangen puasa sebagai mahasiswa ataupun civitas kampus karena lu tuh ga begitu terikat oleh ruang dan waktu (#maksud?), dan bisa menyesuaikan ritme ibadah dengan jauh lebih leluasa. Tilawah di mushola bisa, mau tilawah di pojok selasar juga boleh banget, malah enak karena tertiup angin sepoi-sepoi dan lu ga bakal diganggu. Sholatnya ganti-ganti tempat dari mushola satu ke mushola lain bisa. Kalau bosan, bisa jalan-jalan juga sekitaran kampus. Waktunya juga bisa disesuaikan dengan jadwal kegiatan, karena lu ga harus bekerja straight 8 jam sehari. Jadi, paham kan maksud dari ga terikat ruang dan waktu? hehe

Nah, tahun ini pertama kali ngerasain puasa di kantor, adaptasi banget dan gue masih mencari cara banget supaya tetap nyaman beribadah. Apalagi kantor gue bukan yang terkondisikan untuk beribadah secara khusyu. Ga kaya kantor-kantor lain yang ada kajiannya, musholanya pun berukuran 2x3 sehingga seringkali sangat packed, penuh orang dan lu ga bisa lama-lama disana. Meja kerja juga  bukan tempat yang efektif untuk tilawah karena yaa, begitu deh, hehe. Sebenernya ada masjid di kampus samping kantor, tapi untuk orang kaya gue yang suka waswas dengan lautan manusia, bukan jadi opsi yang menyenangkan juga. Padahal 1/3 waktu gue dalam sehari dihabiskan di kantor dan sayang banget kalau ternyata gue ga bisa pake waktu sama sekali untuk nambah tilawah atau amalan yang lainnya.

Sampai sekarang, paling yang gue lakukan adalah, curi-curi waktu untuk dhuha dan nambah beberapa lembar di waktu itu. trus sebisa mungkin udan siap-siap sholat dari sebelum adzan, sehingga mushola masih sepi dan masih bisa punya space dan waktu untuk tilawah, karena kalo udah mulai berdatangan orang-orang, lu udah ga bisa ngapa-ngapain disana. Selama di meja, sebisa mungkin gue pake buat dengerin qur'an, loop ayat untuk nambah hafalan supaya nanti tinggal dilancarin aja begitu ketemu waktu untuk murajaah. Itu pun kalau ga tiba-tiba dipanggil, "Anisah!" hehehe

Yaa, begitulah. sejujurnya masih struggle untuk menyesuaikan diri dengan ritme Ramadhan di kantor. Mungkin kalian yang kebetulan lagi baca ini bisa ngasih ide atau berbagi pengalaman tentang ramadhan di kantor? I would appreciate it so much :)

Comments

Popular posts from this blog

Singapore in 3D2N Part 2 : Itinerary

Pengalaman Ikut Test JLPT!

Testimoni Hamil dan Melahirkan