Wednesday, July 13, 2016

You are what you choose to be

I love to get inspired. Rasanya luar biasa banget hidup kita dikelilingi begitu banyak hal-hal yang menginspirasi. Mulai dari sesuatu yang sangat dekat sampai sesuatu yang tak terduga, mereka datang begitu saja tapi tidak untuk pergi begitu saja. Mereka ada untuk berperan dalam hidup kita. Everything is meaningful if you realize, cepat atau lambat.

"Hikmah adalah barang hilang milik orang mukmin. Barangsiapa mendapatkannya, ia adalah orang paling berhak atasnya." -H.R. Tirmidzi

Kemarin baru selesai baca buku bagus banget. Judulnya 'Sukamiskin's Springboard'.



review sedikit:
'Kumpulan Catatan Renungan Kala Diri Berjarak dengan Kemerdekaan'. Penulis buku ini adalah para napi yang sedang menjalani masa 'pembelajaran' di Sekolah Kehidupan (suka banget istilahnya <3) Sukamiskin, Bandung. Meskipun penulisnya berbeda-berbeda, tulisan dalam buku ini dirunut sedemikian rupa sehingga beralur, mulai dari cerita tentang apa dan bagaimana Lapas Sukamiskin itu, berlanjut ke kisah-kisah para napi di awal kehidupannya di sana, kesulitan yang mereka hadapi, bagaimana mereka menerima kenyataan, sampai pelajaran yang mereka dapatkan dari sekolah kehidupan ini. Lumayan surprise karena ternyata hampir seluruh tulisan menceritakan bahwa mereka sangat menikmati kehidupannya di Sukamiskin. "Mempersiapkan kehidupan akhirat," katanya. Sel sempit 1,9x2,7 meter bisa begitu nyaman dan tempat merenung yang paling syahdu, bahagian akan palnggilan adzan shubuh, makanan jatah yang begitu menggoda. Bahkan tampaknya lebih banyak hal yang mereka syukuri di bandingkan ketika mereka ada di dunia nyata yang bergelimang harta.

Buku ini meninggalkan kesan yang cukup mendalam. Udah lama ga baca buku dengan menyenangkan dan sefokus itu karena kepalang isi kepalanya TA semua dan bersyukur aku bisa baca buku ini di awal-awal dia baru terbit.

Beberapa hari kemudian, sekeluarga pergi nonton film kekinian di bioskop. Judulnya "Rudy Habibie"


Bercerita tentang Habibie muda sebelum bertemu dengan Ainun dan bagaimana kehidupan awal dia di Jerman. Review-nya pasti udah banyak dimana-mana jadi ga bakal ditulis di sini. Aku cuma mau ngasih empat jempol lima bintang buat mas Reza Rahardian yang bisa senyata itu bawa karakter Habibie ke dunia nyata. Bagus banget aktingnya <3 Dan filmnya juga sebagus itu mengingat seorang Habibie yang insinyur dengan latar pendidikan engineering, kurang lebih aku paham dan sepakat sama pemikiran Habibie.

Malamnya, nonton TV lagi tayang ulang film Harry Potter and The Chamber of Secret. Sampai di scene terakhir ketika Harry datang ke Dumbledore setelah berhasil mengalahkan Voldemort di Kamar Rahasia. Ketika Harry mengetahui fakta bahwa dia dan Voldemort sama-sama Parselmouth, bahwa dia berbagi kemampuan yang sama sepertinya. Lalu, Harry mulai berpikir bahwa seharusnya dia mengikuti apa kata Topi Seleksi untuk masuk ke Slytherin. Namun, Dumbledore menenangkan Harry dengan :


Bukan kemampuan yang akan menentukan kita menjadi apa. Tapi pilihan kita. 


Siapa coba yang ga jatuh hati sama Dumbledore >.<  abaikan

And that's what it all means. Kita adalah pilihan kita. You are what you eat, you are what you read, you are what you dress, you are what you think, YOU ARE WHAT YOU CHOOSE TO BE. 

Seandainya para napi menganggap penjara adalah neraka, akhir hidup mereka, selamanya mereka akan sengsara di dalamnya. Tapi mereka menerima dan bersyukur atas hal tak terduga dan menjalani dengan sepenuh hati. Mereka memilihnya.
Rudy Habibie memilih Indonesia daripada kekasihnya Illona, dan dia memilih untuk berjuang untuk Indonesia.
Harry memilih untuk masuk Gryffindor, tidak Slytherin seperti sugesti dari Topi Seleksi dan menjadi penyihir yang penuh keberanian dan berdedikasi. Mungkin kalo Harry masuk Slytherin, dia akan menjadi jaya seperti Tom Riddle dan akan jadi Voldemort Junior (who knows?). Tapi Harry tidak memilih itu.

Jangankan para napi, Habibie, atau Harry Potter yang memilih hal besar. Dalam hal-hal kecil pun kita diminta memilih. Ketemu orang rese banget, kita mau ikutan kesel atau stay cool aja? Bad day, dibantai dosen abis-abisan, mau ngeluh dan cari alasan ini-itu atau lapang dada dan optimis? Hey, itu semua tergantung pilihan kita loh :)

Ingat, you are whay you choose to be ;)


1 comment:

Fitri Hasanah Amhar said...

ah nyemangaatin banget nis :")
ketika banyak postingan orang bikin baper dan pengen ini itu.
syukur adalah hal terampuh buat mengulumnya. yang susah adalah bagaimana agar istiqamah bersyukur :")

saling mengingatkan dan mendoakan ya anippiiii :")