Tuesday, April 12, 2016

[Review].....drama korea

Yaampun, nis. udah umur segini masih nonton drama korea?

Hehe, udah lama ga mampir di sini, dan sekalinya mampir, kepikirannya nge-review drama korea *shy
badai korea emang kenceng banget sekarang, mulai dari drama, kpop, sampai kosmetik, makanan khas korea udah ada dimana-mana sekarang. Bahkan kata-kata 'aigoo', 'jinjjaa?!', 'ottokkee', rasanya udah jadi bahasa sehari-hari :p aku yg anaknya 'jepang bgt' juga mau ga mau (?) ketularan, karena korea masih tetanggaan lah sama jepang (alasan macam apa itu -_-)

jujur, aku ga se-freak itu sama drama korea dan bukan tipe yang ngikutin drama korea banget hmm. kecuali DOTS yang sekarang masih on going.  karena drama Jepang jauh lebih bagus dan lebih simple nontonnya dibanding drama korea yang plotnya ribet dan males ngikutin. Tapi aku cukup terkesan sih dengan dunia perkoreaan ini, karena begitu cepatnya dunia ini meng-update dirinya sendiri :") Bayangin aja, dramanya baru tayang hari rabu malem di KOREA, kamis paginya episode bersangkutan sudah beredar bebas di internet beserta ENG SUB-nya. Luar biasa memang dedikasi para subbers korea ini untuk pecinta korea di seluruh dunia, hehe. 
Jadi kepikiran, kalo aja semua orang se-gercep ini di semua hal, what a wonderful world we could make :") *randomthought

Out of all Korean Drama I've seen, ada dua drama korea super bagus yang pengen aku rekomendasiin. Bukan sebagai Korea Freak, tapi sebagai penikmat film, khususnya genre Life and Family. 

MISAENG (An Incomplete Life)



Plot : Kisah tentang Jang Geu-rae, mantan pemain Go (semacam permainan catur tradisional Korea) yang menjadi pegawai di suatu perusahaan multinasional besar di Korea. It's mostly about his struggle to survive in the company's cruel world. 

Kalo kata Asma, drama ini jadi favoritnya orang korea karena benar-benar menggambarkan kehidupan 'salaryman' sesungguhnya di korea dan drama ini dibuat setelah melalui riset panjang selama 3 tahun. 

Setelah ditonton, jadi ngeri sendiri ngebayangin kerasnya orang korea bekerja untuk penghidupannya. Boleh dibilang, kantor adalah hidup mereka, literally. 


Geu-rae dan dua bosnya di Sales Team 3 harus menyukseskan semua deal bisnis dengan baik dan mendatangkan keuntungan sebanyak-banyaknya untuk perusahaan. Persaingan, permusuhan, adu domba, kebohongan, semuanya komplit diceritakan dalam drama ini. Tapi dibalik semua kekejaman dunia ini, selalu ada pelajaran yang bisa kita ambil. Kerja keras, ketulusan, kerendahan hati yang sering diabaikan bisa menjadi solusi dalam semua permasalahan kita. 


Selalu suka rooftop scene di Misaeng. Tempat 'pelarian' sebagian besar karakter di drama ini. Di sini mereka merenung, menyelesaikan masalah, kadang berkelahi, tapi rooftop ini jadi tempat belajar bagi Geu-rae juga bagi penonton :)

REPLAY 1988


Plot : sesuai dengan judulnya, drama ini mengambil latar tahun 1988 dengan berpusat pada kehidupan 5 keluarga di Ssangmundong, Seoul. The story is all about love, friendship and family :) 

Hal yang paling aku suka dari drama ini adalah dimana semua karakter mendapat screen time yang sama dengan kisah-kisah uniknya masing-masing. Meski durasi setiap episodenya yang cukup lama (+- 90 menit), aku sangat menikmati setiap cerita yang disuguhkan di dalam drama ini, tanpa diskip-skip seperti biasanya, hehe. 

dan drama ini juga full of emotion. Dari senyum mesem-mesem sampe ketawa terbahak-bahak, dari bikin mata berair sampe menangis terisak-isak, semuanya keluar pas nonton drama ini (>.<)



kiri-kanan : Dongryeong, Dukseon, Sunwoo, Junghwan, Taek

Iri banget sama persahabatan mereka berlima yang ga lekang oleh waktu. dari Jung hwan yang stoic dan sarkas tapi jenius, Sunwoo sang student council president, Dongryong si anak guru yang malas belajar, Dukseon sang ranking 998th di sekolah, sampe Taek si jenius Baduk. Semua karakternya menyenangkan :)


Aku selalu suka family scene di drama mana pun, dan Reply 1988 punya banyak family scene dibanding drama korea mana pun yang pernah aku tonton :") 

Ini drama korea terbaik dari semua drama yang pernah aku tonton (just my opinion).

Aku pribadi, nonton kedua drama ini dengan flow santai, kaya ngikutin serial How I Met Your Mother (meskipun aku ga ngikutin serial itu) dari US. 'aura'nya positif dan rasanya aku bisa ngikutin drama ini sampe kapan pun. Waktu episode terakhir, kerasanya 'loh, kok udah? gini aja?'. Rasanya kalo drama ini dilanjutin sampe beberapa season pun aku masih mau ngikutin :") hehe






1 comment:

Fitri Hasanah Amhar said...

Aniiiis! kangen banget baca-baca blog kamu lagiiii btw :")