Friday, June 24, 2011

No Complain Day !

okay, today starts with no schedule. take a rest di rumah. soalnya minggu ini gue cukup berjalan-jalan. hahahahaha, cukup kaget juga minggu pertama lumayan padat kalo dibandingin sama liburan-liburan sebelumnya.

Alkisah, hiduplah seorang raja yang kepalanya sakit terus. Dia telah memanggil juru sembuh, dan berkeliling ke beberapa negara lain untuk harapan kesembuhan. Sampai suatu saat dia bertemu dengan seorang tabib yang sangat sederhana tapi kesaktiannya tidak diragukan lagi. ketika sang raja mengeluhkan sakitnya, tabib itu sanga enteng menjawab, "Yang diperlukan baginda hanyalah sering-sering melihat warna hijau." Setelah berucap begitu, tabib yang juga bertapa ini dengan santainya membalikkan badan dan meninggalkan raja.
Karena kesohorannya, Raja percaya pada tabib itu dan dia kembali ke kerajaannya dan menginstruksikan agar semua diganti warna hijau, dari cat tembok, seragam tentara sampai gelas dan piring. Dan benar, sakit kepala yang diderita raja sembuh. Raja sangat bahagia dengan keadaannya, walaupun mungkin ada beberapa kerabat yang tidak suka dengan apa yang terjadi, karena kini tidak ada warna lain selain hijau.
Beberapa bulan kemudian, raja mendengar bahwa pertapa yang pernah menyembuhkannya berada di kota di mana dia tinggal. Paja meminta prajurit untuk menjemput tabib sakti itu ke kerajaannya. Setelah bertemu, raja memberikan hadiah serta menjamu orang yang berjasa ini. Raja mengajak pertapa itu berkeliling sambil memperlihatkan bahwa apa yang dinasihatkannya telah dinasihatkan dan benar terbukti menyembuhkannya.
Pertapa itu dengan sangat tenang dan muka yang datar berkata, "Baginda, apa yang Anda lakukan? Mengapa Anda mengubah istana ini menjadi satu warna?" Dalam kebingungan baginda menjawab, "Bukankah itu yang Anda sarankan, agar saya banyak melihat warna hijau?"
"Ya, saya memang bilang begitu, namun mengapa Anda ganti semuanya yang ada di sekitar dengan warna hijau, bukankah lebih bijak bila Anda yang memakai kaca mata berwarna hijau?"

diambil dari buku Happiness Inside karya Gobind Vashdev

begitu gue baca nih cerita sedikit merasa tergelitik. iya yah kadang-kadang kita ga bisa mikir simpel dan meribetkan diri sendiri dan orang lain. dan yang paling penting No Complain sesuai judul postnya. apa hubungannya? menurut gue sih hubungannya ada sama quote yang udah sering banget gue denger kalo hidup ini bagaikan berkendara dan kita supirnya. kadang kala kita nyalahin orang lain atas apa-apa yang menimpa kita, marah-marah, ngeluh. padahal yang nyuruh kita marah siapa coba? yang nyuruh kita bad mood siapa coba? ga ada kan? kita sendiri yang bikin suasana hati kita jelek. yang perlu dilakukan itu mengubah sudut pandang dari diri kita sendiri. yah, lets try dari mencoba ga terlalu dipikirin kalo ada orang yang bikin kita sebel. hey, masih banyak hal menyenangkan yang bisa kita kerjain daripada sekedar bete-bete mikirin tuh orang. lu ga bakal biarin dia bikin lu sebel dan ngancurin hari lu kan? hahahahahaha, udah berasa bijak banget dah gue ngomongnya. oke, gue juga masih dalam tahap belajar. mari bersama-sama berbahagia :D

1 comment:

doniapa said...

yaak..!!
KISS...!!!
Keep It Simple Stupid...!!
Sudut Pandang berbeda... Nice Post..!