My Top 8 K-drama Pick (and more)

Kalau bicara tentang aku dan K-drama, bisa panjang sih ceritanya, wkwk. Maklum aku udah nonton drama dari SD dan masih berlanjut sampai sekarang 😅 Waktu SMP dan SMA di boarding school, waktu liburan adalah waktunya balas dendam dengan nonton drama seharian nonstop dari awal liburan sampai akhir liburan. Zaman kuliahnya adalah peaknya aku nonton drama korea, jadi kegiatan aku ketika kuliah itu kalau ga belajar, ya, nonton drama korea/jepang. Haha. Begitu mulai kerja, udah mulai berkurang nontonnya karena ga kuat harus liat komputer lagi sepulang kerja. Paling ngikutin drama lewat cuplikan singkat di youtube kalau penasaran dengan suatu drama. 

Karena aku lihat akhir-akhir ini mulai ramai banyak orang ngomongin drama korea, bahkan yang tadinya ga pernah nonton drama korea pun mulai ikut nonton, aku jadi kepikiran ingin sharing drama korea terfavorit aku yang menurut aku sih bisa dinikmati oleh semua orang.

Here we go with the list....

8. Age of Youth 1 (2016)


Drama ini bercerita tentang 5 wanita muda yang tinggal di share house. Intinya mah tentang mba-mba satu kost-an gitu ya, wkwkwk. Masing-masing karakternya punya kepribadian yang berbeda, kehidupan yang berbeda, dan latar belakang hidup yang berbeda. Mereka akan punya masalah masing-masing yang berbeda, dengan cowok, dengan keluarga dan dengan satu sama lain sesama penghuni kost. 
Suka karena karakternya biasa aja, bukan yang lebay tapi justru itu yang bikin relatable dan bisa lebih bersimpati.
Season 2-nya available di Netflix, tapi yang aku tonton season 1 jadi kurang tau apakah versi spin-off sebagus pendahulunya, hehe. 

7. Signal (2016)


Kalau ini drama detektif, thriller gitu ya dengan sedikit unsur fantasi karena ceritanya tentang detektif yang bisa berkomunikasi dengan detektif dari masa lalu lewat sebuah walkie-talkie. Nah, dengan komunikasi tersebut, sang detektif masa sekarang akan memecahkan kasus-kasus lama yang hampir habis masa berlakunya. Jujur, aku ga terlalu berani nonton cerita misteri tapi karena plotnya menarik banget jadi aku berhasil menyelesaikan sampai episode terakhir.
Available di Netflix ya!

6. Sky Castle (2018)

Drama ini bercerita tentang keluarga sosialita yang tinggal di kompleks bergengsi, Sky Castle. Komplek ini hanya diperuntukkan bagi keluarga yang bapaknya bekerja sebagai dokter ahli di suatu rumah sakit. Ketika para ayah sibuk mencari nafkah, para ibunya ngapain? Tentu saja bersosialisasi dan berambisi ria memasukkan anaknya ke jurusan kedokteran dong :") Plot drama ini berpusat pada apa saja yang para ibu lakukan untuk mewujudkan ambisinya (so-called pengorbanan untuk anaknya) dan bagaimana para anaknya menyikapi orang tua masing-masing. Suasana drama ini agak dark ya, banyak scene yang bikin merinding juga. Tapi menurut aku drama ini bagus banget, mungkin bisa merepresentasikan kehidupan sosialita juga (meskipun aku gatau karena bukan sosialita, haha).
Available di Netflix jugaa :D

5. My Mister (2018)

Kalau lihat posternya, kaya drama komedi ringan gitu ya, padahal aslinya tidak sama sekali XD Aku agak susah mendefinisikan genre dari drama ini, romance bukan, family juga ga terlalu. Ceritanya tentang seorang pria yang diselingkuhi istrinya dan seorang wanita muda, yatim piatu dengan kepribadian dark dan tidak bisa bersosialisasi. Nah, si pria dan wanita ini bekerja di perusahaan yang sama dan ceritanya bergulir dari situ. Ada banyak plot di ceritanya tapi masing-masing karakternya punya cerita menarik dan bikin nonton terus sih. Dan menurut aku, aktingnya IU bagus banget disini :)
Ini juga ada di netflix, alhamdulillah :)

4. Hospital Playlist (2020)

Kalau ini ga usah ditanya lagi ya. Ini drama yang baru aja selesai dan langsung dimaki-maki penontonnya, minta segera keluar season 2-nya, wkwk. Drama ini garapan Shin Won-ho yang emang kuat dengan konsep drama 'piece of life' dan 'heart-warming'. Ga ada plot khusus, cuma cerita dengan 5 orang teman dekat, semuanya dokter dan keseharian mereka dengan sedikit 'drama' untuk masing-masing karakternya. Aku tuh bisa nonton setiap hari drama kayak giniii, hehe. 

3. Reply 1988 (2015)

Ini juga drama hits! Emang sebagus itu dan menurut aku drama ini bisa ditonton siapa pun, semua gender dan umur. Drama ini dari PD yang sama dengan Hospital Playlist (Shin Won-ho niim!) dan aku sempet kebingungan, mana diantara dua drama ini yang mau ditaruh duluan, haha. Tapi karena Reply ini temanya lebih dekat dengan keseharian dan lebih banyak komedinya, jadi aku lebih suka Reply 1988 dari pada Hospital Playlist. Yang belum nonton, aku rekomendasikan segera nonton, dijamin ga nyesel :)

2. Misaeng (2014)

Ini drama yang udah aku tonton dahulu kala, tapi berkesan banget akhirnya aku jadikan sebagai top 2 aku. Kisahnya tentang seorang pemuda biasa saja yang berhasil mendapatkan pekerjaan di perusahaan bergengsi berkat koneksi. Karena status dia masih dalam masa percobaan, dia harus berjuang, beradaptasi dan bersaing melawan rekan satu angkatannya yang ambisius dan tak kenal ampun. Intinya cerita tentang kerasnya dunia kerja dan bagaimana si karakter utama melewatinya masalah-masalah di kantornya. Aku waktu nonton ini belum mulai bekerja, tapi entah kenapa aku tersentuh oleh banyak adegan dan skrip di drama ini sambil mengambil pelajaran bagaimana bersikap di kantor kalau aku udah mulai kerja. Inginnya nonton lagi drama ini sih, tapi sayag waktu dan masih banyak film lain yang ingin aku tonton, hehe.

1. Stranger (2017)

Ini dia my number one korean drama! Aku agak kesulitan waktu nentuin urutan 2-5 di list ini karena hampir semua drama diatas aku suka equally. Tapi kalo ditanya tentang drama korea terbagus versi Anisah, aku ga punya jawaban lain selain Stranger (judul koreanya 'Secret Forest'). Ini bukan cuma Anisah-approved ya, tapi Anisah's family-approved karena aku nonton drama ini sekeluarga di tv, rutin setiap minggu dari awal sampai akhir :D Bahkan umi abi aku juga suka banget sampai mukanya serius banget tiap nonton Stranger tuuh. Genre-nya mystery, thriller, karakternya utamanya adalah seorang jaksa, Ceritanya tentang seorang jaksa yang berusaha memecahkan kasus pembunuhan yag pada akhirnya menguak kejahatan besar dari petinggi-petinggi negara. Meskipun terlihat ceritanya simpel dan pasaran banget, tapi drama ini plot twist-nya banyak banget dan dikemasnya juga bagus jadi ga bikin penontonnya bosen. 
Kabar baiknya lagi Stranger ini adalah di netflix sekarang!

Honorable mentions

Itu dia top 8 k-drama versi aku, meskipun sejujurnya aku masih punya banyaaak banget rekomendasi drama korea yang menurut aku bagus dan layak ditonton. Dan fisclaimer tambahan bahwa masih banyak banget drama korea yang belum aku tonton, terutama yang kekinian seperti Itaewon Class, The World of Married, Crash Landing on You, dll. Tapi aku belum berminat mau nonton drama-drama itu, jadi kita lihat nanti ya, apakah list ini akan berubaha, hehe.
Selain drama-drama di atas, ada beberapa drama juga yang mau aku mention:
  1. Jewel in The Palace: alasan kenapa aku mulai nonton drama korea! Dae Jang-geum 💕
  2. Princess Hours: drama inilah yang bikin aku bener-bener 'serius' mulai ngikutin drama korea
  3. Search WWW: drama ini adalah 'Women Empowerment', hehe. 
  4. When Camellia Blossom: ini drama baru yang bagus. Kang Ha-neul!!
Ok, sepertinya aku harus berhenti sebelum list ini berubah jadi "semua drama korea yang pernah Anisah tonton", wkwkw.

Comments

N said…
Dari yg udh pernah kutonton, semuanya favorit aku juga nis 😍, apalagi no 1

Popular posts from this blog

Singapore in 3D2N Part 2 : Itinerary

Pengalaman Ikut Test JLPT!

Testimoni Hamil dan Melahirkan