A Week in South Korea: Part 2 (Day 1, 2 & 3 - Departure, Everland, Nami Island)

Jadilah kita berangkat berempat, gue, Shofi, Azzam, dan Ummi.

DAY-1

Pesawat kita boarding jam 12.30 tengah malem jadi kita berangkat dari rumah sakit Hilmi di Depok jam 9-an, nyampe bandara jam 10-an. Pas check-in, mba counternya bilang "Delay 1 jam ya bu", lah udah delay aja :"( wkwkwk. Yasudah kita pasrah menunggu waktu boarding, duduk-duduk, baca buku, foto-foto. Karena tengah malem, jadi toko-toko di bandara ga ada yang buka juga. Kalo gue (dan yang lainnya) sih, udah siap-siap tontonan di HP karena Air Asia ga menyediankan entertainment, dan kalau pun ada lu harus bayar. Mending bawa sendiri, kalo bayar tapi filmnya ga seru juga kan rugi jadinya. Ohya, sekarang semua Air Asia departurenya dari Terminal 2 ya.

Nunggu boarding time di bandara

Boarding time tiba dan terbang lah kita ke KL. Nah, ada drama lagi di pesawat ini.

Seperti biasa, ketika take-off, semua lampu kabin dimatiin dan semua penumpang duduk manis sampai take off selesai dan lampu dinyalain lagi. Nah, selesai take-off ada suara ribut-ribut dari bagian depan. Tempat duduk gue lumayan depan jadi lumayan denger keributan tersebut tapi ga paham apa yang lagi diributin "Masa sih ada yang berantem di pesawat". Begitu lampu kabin dinyalain, langsung keliatan lah apa yang terjadi. Ada 2 orang laki-laki lagi berargumen di bagian depan pesawat, yang satu sekitar 30-an dan satu lagi bapak-bapak udah tua sekitar 50-an. Mas ini lagi marah-marah ke si bapak tua ini, ngancem bakal lapor ke polisi. Awalnya dia ngomong pake bahasa melayu tapi lama-lama jadi bahasa mandarin yang ga gue ngerti. Sampe ada pramugara dan pramugari yang melerai dan berusaha memediasi dua orang ini. Gue berusaha membaca bahasa tubuh dan apa yang orang-orang sekitar gue omongin, gue paham lah ternyata si bapak ini diduga mencoba nyuri barang salah satu penumpang pesawat. APA!? Kalo menurut mas-masnya, bapak ini ngebuka bagasi kabin pas selesai take off tapi lampunya masih mati dan mencoba ngambil barang dari salah satu tas penumpang. Emang aneh sih, si bapak itu tadinya duduk di serong depan gue, tapi pas lampunya dinyalain itu, bapaknya udah berdiri di depan, kira-kira 4-5 seat lebih depan. Waduh, seumur-umur baru pertama kali gue nemu kejadian pencurian di dalem pesawat dan (sialnya) ketauan. Kalo kaya gitu, mau kabur kemana coba bapaknya? Lagian aneh-aneh aja ya, nyoba nyuri di pesawat, kok gue ga habis pikir.

Pokoknya singkat cerita, karena lagi terbang dan ga ada yang bisa dilakukan, pramugarinya ngambil paspor si bapak, si masnya dan mereka disuruh duduk seperti semula. Langsung sisa 2 jam penerbangan, ga ada yang bisa tidur sepesawat, huhuhu.

Setibanya di KLIA, langsung sholat dan langsung nyari gate buat connecting flight ke Incheon. Btw, bandara KL tuh gede banget (begitu juga bandara-bandara besar lainnya), antara satu gate ke gate lain lumayan jauh jadi perhatikan baik-baik kalo kalian naik connecting flight ya. Karena waktu transit juga cuma sebentar, pas kita ke gatenya, ternyata dia udah buka dan udah ada antrian super panjang. Waduh, banyak juga yang mau ke Incheon ternyata. Masuk lah kita ke waiting room dan ga lama kemudia masuklah kita ke dalem pesawat.

Oh iya, kalo Air Asia itu kita ga bisa milih tempat duduk sendiri kecuali bayar tambahan lagi (duiiiit mulu) jadi kita berempat duduknya pisah-pisah (kecuali gue dan shofi yang amazingly ternyata duduk sebelahan). Mungkin karena udah lama ga naik Airbus jadi gue agak kaget aja, dalemnya gede banget ya. Seat arrangementnya 3-4-3 dan baris ke belakangnya panjang banget. Gue aja seat 30C dan ke belakangnya masih banyak banget.

Kesannya gimana? Sebenernya buat gue biasa aja sih. Tapi kalo lu udah terbiasa naik garuda atau singapore airlines, mungkin agak kurag nyaman ya. Secara keseluruhan, rasanya sama kaya pas gue naik kereta Jogja-Jakarta pake Senja Utama Solo wkwkw. Malah ini lebih pendek durasinya karena penerbangannya kira-kira makan waktu 6-7 jam. Oh iya, di penerbangan ini gue mesen makanan, dan rasanya.... ok lah.  Gue mesennya yang menu Nasi Lemak, basically itu nasi uduk versi Malaysia sih. Rasanya enak, tapi namanya juga makanan dingin yang dihangatkan, jadi rasanya juga ga seenak kalo lu makan yang aslinya.

Lalu sampailah di Incheon!! Begitu keluar pesawat.. brrrr DINGIN BANGET! Langsung lah kita imigrasi (sebelumnya isi dulu custom declaration dan form-form lainnya), nyalain passpod (bodohnya gue ga baca dulu cara ngaktifinnya gimana, jadi sempet panik juga), dan segera menuju stasiun AREX buat naik kereta ke Seoul. Oh iya, sebelum itu kita mampir dulu di convenience store di bandara buat beli T-money. Itu semacam kartu transport yang bisa dipakai untuk naik subway, bus, dan (katanya) bisa juga untuk taksi dan bayar belanjaan di convenience store. Harganya 5,000 won tapi itu belum ada isinya, jadi gue sekalian reload 50,000 won per kartu (yang baru gue sadari, sebenernya itu kebanyakan. 30,000 won juga udah cukup kok).

Isi form dulu sebelum masuk imigrasi yang menegangkan

Nasib ngejagain barang, sembari kakak-kakaknya beli T-money dulu :"
Habis beli T-money, kita langsung menuju stasiun AREX (yang masih nyambung sama bandaranya), tuker tiket yang udah dibeli di Klook dan off to Seoul :)

Sesampainya di Seoul, kita langsung ganti kereta Subway Line 4 menuju Airbnb yang udah dibook. Paul, pemiliknya, udah kirim email dari seminggu sebelum keberangkatan tentang 'how to get there' beserta segala peraturan yang harus dipatuhi selama kita memakai rumahnya. Karena ini rumah biasa, kita juga udah dikasih kode rumah yang harus dimasukinnya, jadi check-innya pun ga harus repot2 ketemu pemiliknya. Praktis banget kan?

Tempatnya pokoknya persis dengan yang ada di foto Airbnb, jadi senang deh alhamdulillah :) Kita langsung sholat, istirahat sebentar dan langsung pergi lagi buat belanja bahan makanan. As I said before, untuk menghemat pengeluaran dan stay on budget, salah satu strateginya adalah menghemat di uang makan. Porsi makan standar di Seoul itu 10,000 won (ini yang restoran properly dan halal ya), jadi kebayang sekali makan kita ngeluarin minimal 40,000 won == 500 ribu rupiah. Seminggu udah 10 juta sendiri. Makanya, kita langsung beli bahan makanan di Lotte Mart, lokasinya persis di samping Seoul Station. Bahan makanan yang dibeli pokoknya apa aja yang bisa dimakan dan gampang dimasak, kaya udang beku, tuna kaleng, kim (seaweed), telur, daun bawang, tofu, dll.

First selfie in Seoul!

Our groceries :)
Hal unik yang gue temukan selama belanja adalah, pertama daun bawang mereka mahal banget. Tadinya aja ummi gue mau beli banyak jadi cuma beli satu :") trus pas nyari minyak goreng juga bikin bingung. Karena dia ga ada minyak goreng kaya di Indonesia tapi adanya olive oil, minyak jagung, dan minyak-minyak sehat lainnya. Gue sampe search di google "minyak goreng korea" dan ternyata emang mereka pake minyak sehat gitu ya buat ngegoreng. In the end, kita belinya minyak yang paling murah yang dari kacang-kacangan gitu. Godaan selama belanja adalah buah-buahan! Disana jeruk termasuk murah dan stoberinya liat deh, gimana ga pengen beli coba? Dan emang rasanya enak banget, jeruknya tanpa biji dan stroberinya pas banget asemnya :D Hal unik lainnya itu, suasana tokonya! Persis seperti yang gue tonton di TV, emang banyak banget para ahjumma yang massak sambil nawarin sampel produk gratis. Kalo disini kan yang nawarin produk biasanya mbak-mbak mudah cantik, tapi kalo di sana kebanyakan para ahjumma jadi berasa ada di pasar gitu. Aku suka sih wkwkw. Oh iya, disini kalo belanja dan ga bawa tas belanja, tasnya harus bayar ya. Kalo di Lotte Mart ada dua pilihan, paper bag atau plastic bag tapi yang bagus dan tebal, bukan yang tipis kaya di supermarket seperti biasa. Kalo gamau bayar, mereka nyediain kardus gratis dan bisa packing sendiri di sana, cuma karena kita commute pake subway, susah juga kalo pake kardus. Hal unik terakhir adalah, kalau kita mau pake shopping cart, kita harus masukin koin 500 won dulu baru cartnya bisa lepas dari 'kawanan' dan dipake sama kita. Selesai belanja, balikin lagi ke tempat semula dari diambil koinnya supaya terkunci lagi. Pinter ya? hehehe.

Sesampainya di rumah, langsung beres-beres, unpacking, masak nasi (setelah googling sana-sini karena rice cookernya pake bahasa korea), masak, makan malem, dan tiduuur karena besok udah harus berangkat pagi.

DAY-2

Agenda hari kedua adalah Everland All-day! Wkwk, gaya banget ya, padahal ke dufan aja udah berapa tahun lalu. Tapi semua website tentang korea travel pasti merekomendasikan Everland, jadi kita mutusin ke sana deh. Tiketnya udah beli di Klook dengan harga 400 ribu rupiah, ga terlalu mahal sih. Everland itu masuknya ke Gyeonggi dan beda provinsi sama Seoul, jadi kita juga sekalian pesen Shuttle bus yang langsung nganter kita dari Seoul ke Everland, cuma makan waktu kira-kira 1 jam. Kalau via transportasi umum, bisa 2 jam sendiri katanya. Jadi, pagi-pagi kita udah kumpul di tempat pick-up, di depan pintu keluar stasion Dongdaemun dan menunggu shuttle busnya dateng. Pas dateng, tinggal liatin voucher Klooknya, namanya dicek dan tinggal duduk manis :) Sampai di parkiran Everland, kita masih harus naik Shuttle bus lagi karena jarak parkiran ke Everlandnya masih lumayan jauh, tapi ini free kok.

Sampai lah di Everland!

Yeay, Everland!

Kesan gue terhadap Everland adalah GEDE BANGET! Ga mungkin dalem sehari bisa nyobain semua wahananya. Dan winter itu sebenernya waktu terburuk untuk dateng ke Everland karena 1) dingin BGT, suhunya tuh -2 sampe -5oC dan bayangin dong kita mainin wahana-wahana outdoor dan berangin-angin di suhu segitu :" Tapi herannya pengunjungnya tetep banyak, mungkin karena akhir tahun juga sih ya. 2) karena winter, ada beberapa wahana yang ga dibuka 3) ga banyak tempat menghangatkan diri, kecuali di restoran-restoran.

Tapi bagusnya Everland adalah wahananya ga cuma yang thrilling tapi banyak juga yang ramah keluarga dan ramah anak. Karena ummi gue ga bisa naik wahana berbahaya, akhirnya kita cuma di awal-awal naik wahana 'menyeramkan' dan sisanya naik wahana-wahana keluarga. Gue apresiasi karena wahana keluarganya juga bagus banget! SAlah satu favorit gue adalah Safari World dan Lost Valley yang konsepnya keliling melihat hewan secara dekat.

Ini bukan wahana, tapi lift yang ngehubungin satu area dengan area lain

Lost Valley

Safari World
Tapi salah satu perks dari dateng ke Everland saat winter adalah adanya wahana Snow Sledding yang cuma buka pas musim dingin. Hal lain yang gue apresiasi dari Everland adalah ada mushola! Mereka menyediakan mushola (merek tulisnya 'Surau') yang bisa kita pake untuk istirahat dan sholat. Ga terlalu besar, tapi udah ada sajadah sama tempat wudhu tertutup dengan air hangat, alhamdulillah :) Mereka juga ada picnic area, tempat untuk makan bekal, jadi kalo bawa bekal sendiri, kita ga boleh sembarangan makan di area wahana atau di restoran (karena ga sopan). Dan picnic area ini ada penghangat ruangannya, lengkap sama plastik, tisu dan alat makan lainnya. Thumbs up!

Kita main sampe jam 8 (karena pesen shuttle pulangnya yang jam 8.30), nyampe Seoul lagi sekitar 9.30 dan segera pulang ke rumah karena besok harus berangkat pagi lagi~

DAY-3

Destinasi di hari ketiga adalah Nami Island! Ini juga bukan di Seoul, jadi kita ikut tour sehari yang diprovide Ktourstory, book-nya via Klook (https://www.klook.com/activity/2528-nami-island-garden-morning-calm-seoul/?krt=s21&krid=6804604c-8a84-407a-6bd7-492b7444963d). Kita ambil paket yang Nami Island+Rail Bike+Garden of Morning Calm. Janjian pick-upnya di Stasiun Myeongdong dan kita pergi satu rombongan bareng banyak orang, ada yang dari Thailand, China, dll. Kali ini ada tour guidenya, namanya Mr. Cha dan selama perjalanan ke Nami Island, dia banyak ngejelasin tentang sejarah korea, tradisi-tradisi korea, tempat-tempat wisata rekomendasi, dan 'gosip-gosip insider' korea wkwk. Dia sampe ngomong, kalo semalem dia abis minum-minum karena tahun baruan dan dia juga pake suntik botox di dagunya. Kalu dugaan Shofi sih mungkin dia masih agak mabuk ya makanya ngomongnya ngelantur gitu wkwk.

Destinasi pertama adalah Rail Bike. Ini kaya semacam wahana sepeda yang dibangun di atas rel kereta api. Treknya lumayan panjang, kira-kira makan waktu 40 menit. Nah, sepanjang treknya itu, kita ngelewatin area pemukiman sekitar dan karena letaknya di pegunungan, kita juga bisa liat bukit-bukit dan sungai sekitar. Bagus banget, cuma yaa, dingin banget hehe.

Starting Point-nya dari sini

Scenery Rail Bike 1

Scenery Rail Bike 2

Bakal lewat beberapa terowongan juga. Tenang, ada lampunya kok

Senyum maksa sambil nahan dingin :")

Gue suka banget sama Rail Bike ini, malah gue lebih suka ini daripada wahana yang gue naikin di Everland, hehe. Dan aktivitas ini cocok banget buat keluarga atau couple karena sepedanya ada yang 4 kursi atau 2 kursi. Btw, ini harus dikayuh ya, ga gerak sendiri. Jadi pastika stamina cukup selama 40 menit wkwk.

Setelah Rail Bike, kita menuju Nami Island. Untuk kesana, kita beli tiket masuk dan tiket ferry (tapi kalo gue udah masuk di paket tournya) dan naik ferry sesuai jadwal yag tersedia. Kita dikasih waktu bebas sekitar 4 jam untuk eksplor Nami Island jadi hal pertama yang kita lakukan adalah cari makan! Alhamdulillah banget di Nami Island ada satu restoran yang udah halal-certified namanya Dongmun, jadi jangan khawatir urusan makan :)

Ferry menuju Nami Island

Gerbang masuk Nami Island
Blur oh blur

Makan di Dongmun, porsinya gede banget
Tredemarknya Nami Island adalah trek jalan menyusuri banyak macam pepohonan. Karena trek jalannya ada banyak banget, kita udah dibriefing sama Mr. Cha tentang trek jalan yang paling bagus dan recommended untuk disusuri. Jadi kita cuma fokus di jalan-jalan rekomendasi Mr. Cha dan balik lagi ke tempat semula.

Pohon, pohon, sepanjang jalan pohon semua

Mau foto kaya orang-orang tapi ga bisa plus nahan dingin

Salah satu trenkya ada yang bersalju!
Karena lagi winter, daun-daunnya udah pada gugur semua. Kalau mau lihat lebih banyak warna, mungkin lebih bagus kesini pas Spring atau Autumn ya. Tapi emang suasana Nami Island tuh enak banget, jadi cocok untuk didatangi musim apa pun, bahkan winter :)

Setelah berjalan sepanjang jalan kenangan di Nami Island, kita ke destinasi terakhir, yaitu Garden of Morning Calm. Katanya ini tempat syuting banyak drama, salah satunya Moon that Embraces the Sun yang terkenal itu (cuma gue ga nonton dramanya, jadi ga paham juga wkwk). Dan khusus winter, mereka ada special event yaitu light show di mana seluruh tamannya dihias dengan lighting yang cantik banget. Dan emang pas kesana, BAGUS BGT kaya di wonderland.

Langsung mood booster banget, padahal kita udah kecapean karena jalan seharian. Plus dinginnya itu loh :( sampe-sampe semua foto selfie juga blur terus karena terlalu dingin untuk berdiam diri di satu spot, wkwk. Tapi ini must visit banget kalo ke Nami Island, tapi event ini cuma ada pas winter. Kalo selain winter, bagusnya pagi-pagi ke sini sesuai namanya :) Kita keliling di sini sekitar 1 jam (alhamdulillah semuanya bisa dikelilingin) dan langsung balik ke Seoul!

Huaah, what a long day (ampe nulisnya aja capek). Akhirnya kita tertidur pulas di bis, turun di Myeongdong seperti semula dan kembali ke rumah~

Popular posts from this blog

Singapore in 3D2N Part 2 : Itinerary

Pengalaman Ikut Test JLPT!