What I watch (2018)

Desember! Ga kerasa ya udah mendekati akhir tahun dan udah mau 2019 aja T.T nanti ingin bikin perenungan 2018, rekap dan pembelajaran apa aja yang didapet. Soalnya buat gue 2018 tuh kaya tahun untuk penerimaan diri dan berdamai dengan banyak hal ya. Pokoknya nanti tunggu akhir bulan dulu ya sambil dibikin draftnya dan melihat kembali diary & buku agenda selama setahun ini :")

Nah, kalo tulisa hari ini sebenernya udah mau bikin dari dulu tentang serial "I" (agak narsistik ya), kaya misalnya 'What I watch', 'Where I shop online', 'What I read', dll gitu. Kayanya ini efek kebanyakan nonton yutuber yak wkwkwk. Tapi lumayan seru kayanya, jadi gue tulis deh.

Gue orangnya tuh visual secara umum, makanya seneng baca buku. Dari dulu kalo belajar tuh, setelah dari kelas (tapi di kelas tidur), gue bakal baca buku atau slidenya karena buat gue itu lebih mudah dan lebih cepat menyerap. Kalo audio doang, gue tuh kurang banget. Makanya kalo ada orang ngomong, lebih cepet mengerti kalau sambil liat orangnya, lebih tepatnya liat wajah, mimik dan gerak bibirnya karena itu bikin gue jauuuuh lebih cepat menangkap apa yang mau dia sampaikan. Kalo cuma denger suaranya doang kebanyakan 'Hah?! Apa?!', jadi mohon maklum ya teman-teman. 

Maka, visual yang didukung audio adalah kesempurnaan! hahah. Karena ini gue suka banget nonton kali ya. Dia adalah kegiatan yang sempurna untuk orang dengan kombinasi introvert (alias pasif) dan visual-audio kaya gue. Karena itu, gue selalu ga pernah kehabisan stok tontonan dan kalo cuma satu aplikasi sosial media yang gue bisa install di hape, maka gue akan pilih yutub (bahkan sama WA, apalagi IG). 

Jadi, apa yang gue tonton tahun ini? Ga bakal semuanya gue list, tapi cuma yang bener-bener gue rutin nontonnya atau yang meninggalkan impact besar ke gue aja.

YOUTUBE
Seperti yang dibilang, gue masih susaaah banget lepas dari yutub, sebelumnya kebanyak nonton korea-koreaan gitu. Makanya, sekarang gue berusaha menemukan konten yang bermanfaat supaya yutub gue tetep ada berkahnya lah. Dan gue menemukan banyak channel bagus yang malah jadi tontonan rutin! Oke, ga semuanya ini bermanfaat juga sih, ada yang cuma untuk mencari kesenangan aja, dan gue yakin pasti parameter manfaat atau engga itu tergantung masing-masing pribadi, jadi gue bagi yang sesuai dengan selera gue aja ya. 

Ada beberapa channel yutub yang selalu gue tunggu update-annya adalah

Jolly 
Jadi nama channel ini adalah gabungan dari Josh dan Ollie, yang ngelola channel ini. Sebenernya aslinya dua orang ini sahabat dekat yang sama-sama ngelola channel Korean Englishman, dimana Josh yang jadi wajahnya dan Ollie adalah cameraman. Tapi karena chemistry dua sahabat ini yang sangat baik dan sangat lucu, makanya mereka bikin channel ini deh (ini sebenernya cuma asumsi gue aja ya, haha). Tapi beneran kocak banget apalagi gue paling suka series Ollie belajar bahasa korea, ngakak banget lah. Tapi gue juga jadi ikutan belajar bahasa korea :")

Korean Englishman
Nah, ini channel pertama mereka. Main contentnya sih untuk mengenalkan budaya korea ke orang Inggris dan sebaliknya, makanya mainly si Josh ngomong pake bahasa Inggris dan dia kasih subtitle bahasa Koreanya. Tapi karena keunikan channel korea yang dikelola oleh orang Inggris, mereka jadi dikasih banyak kesempatan wawancara artis hollywood setiap mereka dateng ke korea. Favorit gue adalah pas mereka wawancara cast Maze Runner dan Ryan Reynolds. Nonton deh!


Liah Yoo
My beauty guru!!! skincare channel yang pertama gue kenal dan gue tonton semua video penjelasannya, bahkan masih gue ulang-ulang sampe sekarang sebagai referensi sebelum kalap beli skincare macem-macem, hehe. Buat gue, penjelasan Liah Yoo bener-bener gampang dimengerti dan membuka mata banget sebelum nyemplung ke dunia perawatan kulit. Meskipun akhir-akhir ini dia banyak share konten vlog pribadi yang ga seberapa menarik buat gue sih, tapi konten skincarenya juara banget!

Gothamista
Another beauty guru :))) Gue mulai nonton dia setelah lumayan mengerti ingredients dan istilah-istilah per-skincare-an karena kalo dia stylenya menjelaskan dengan panjang lebar tinggi. Awal liat kaya ngebosenin gitu ya, tapi setelah didengerin lagi, sebenernya dia tuh kaya informasi banget. Gue banyak belajar cara membangun skincare routine dari Mba Renee ini.

Mazelee
Nah, kalo ini channel keluarga favorit :) Tentang keseharian keluarga Joe dan Alena plus 6 anaknya (7 karena Alena sekarang lagi hamil!) dan bayangin, umur mereka masih awal 30an dong. Alena sebelumnya udah pernah nikah 2 kali sampe ketemu Joe, temen SMA-nya dan nikah sampai sekarang. Dari pernikahan sebelumnya, Alena udah punya 4 anak cewe tambah 2 setelah nikah sama Joe. Gue juga suka banget nama anak-anaknya Amyah, Akyli, Azaio, Arazo, Ajedi, Ajoui (bingung ga gimana pronouncenya? hehe). satu hal yang paling gue apresiasi dari channel ini adalah, pengeditannya yang dewa banget, udah kaya nonton film saking bagus kualitasnya untuk ukuran suatu vlog. Bahkan endorse sekali pun dibikin konten semenarik mungkin dan ga asal masukin review endorse doang. Saluut!

Mel and Shane
Another family channel :) gue ngikutin mereka dari semenjak Mel dan Shane adopsi anak dari korea, namanya Julian. Dan Mel selalu kasih update tentang perkembangan Julian yang bisa adaptasi dengan sangat baik di lingkungan barunya, padahalnya sebelumnya sampe 1,5 tahun Julian diurus foster mom-nya di korea. Karena Mel dan Shane yang menurut gue orang tua yang asik banget, dan Luca, anak pertama mereka, yang super sweet dan baik hati, bikin gue ngikuti aktivitas keluarga ini terus. Semoga terus bikin konten menggemaskan ya <3

Lavendaire
Gue kayanya baru sebulan nemu channel ini, but I love every single of it! Ini kategorinya lifestyle channel kali ya. Tips dia pokoknya tentang keseharian, mulai dari cara beberes sampe life planning. Sebenernya di yutub banyak banget lifestyle channel kaya gini, cuma gue suka si mba ini karena (lagi-lagi) editing videonya bagus banget, palet warna di videonya juga bagus (meskipun ga ada hubungannya ya), dan suaranya enak didenger, hehe. Makanya gue akhir-akhir ini selalu dengerin dia sambil kerja. Dan dia juga punya podcast dengan topik-topik yang menarik banget. Bisa disearch ya guys!

Aida Azlin
Si teteh ini lovely bangetttt! Pertama tau dari temen-temen akhwat dan sukaaaa :) Jarang banget nemu konten islam yang halus gini, aku jadi seneng banget nontonnya. Gue paling suka dengan penyampaian dia yang tidak menggurui, narasinya bagus dan alurnya juga enak banget. Video yang durasinya pendek juga menurut gue jadi poin plus tersendiri buat channel ini, jadi ga ada alasan buat ga nonton video deh. Btw, teteh ini bukan orang Indonesia yaa. Dia orang Singapore yang nikah sama orang Morocco dan tinggal disana. Gue juga subscribe newsletter dia, namanya Tuesday Love Letter dan isinya lovelyyyyy banget, email paling gue tunggu-tunggu tiap minggu karena setiap gue baca tuh yang kaya 'Yaampun, teh Aida bisa baca pikiran gue ya?!' saking ngena banget isinya. Newsletter terfavorit sampe sekarang. Dan dia ada podcast juga, harus banget dicek!

Honorable Mention juga gue adain deh buat channel yang gue suka tontonin juga kaya:
- Gita Savitri
- #temantapimenikah yang serial travelling ke New Zealand. TOP BGT
- Asian Boss, banyak ngupas hal-hal aneh di Asia gituu
- VICE Indonesia, dapet banyak bgt insight baru tentang berbagai topik
- danielion playlist, tempat kabur gue kalo lagi bosen sama playlist yg itu-itu aja
- James Corden youtube channel atas hiburan konsistennya, apalagi Carpool yang sama Paul McCartney, Bus Tour sama cast Avenger, dan parodi-parodi yang gue tonton berpuluh-puluh kali


Fyuh, Youtube aja banyak banget ternyata, ini gue bikin sampe malem :")

Lanjut ke TV Series, gue ga terlalu banyak nonton drama korea tahun ini, karena ga banyak waktu buat nontonin 1,5 jam per episode yang buat gue itu terlalu panjang. Gue juga cenderung mencari tontonan yang lucu kalo habis kerja, sebagai bentuk hiburan setelah kerja keras bagai quda. Tapi ada satu series yang favorit banget di tahun ini yang adalah


The Crown
Parah, suka bangettt. Gue abisin Season 2 cuma dalam beberapa hari dan Season 1-nya udah nonton dari dulu. Gue ga bisa jelasin secara spesifik juga sih alasan kenapa gue suka banget sama series ini, tapi yang pasti karena ceritanya bagus dan aktingnya keren banget. Mungkin ada faktor ketertarikan gue dengan hal-hal yang berbau biografi orang terkenal, juga keingintahuan gue dengan dunia royal family yang tampak misterius ini. Dan ternyata emang menarik banget sih. Menjadi Queen tuh kalo di Inggris sana, adalah seperti titisan Tuhan, dimana di atas sang Ratu itu langsung Tuhan, bahkan pemimpin gereja pun ada di bawah kendali Tuhan. Dan gue jadi ikut merasakan pressure-nya seorang Elizabeth yang saat itu masih umur 20-an tahun, mendapat tahta tersebut dan harus menjalankannya. Season 2 lebih tentang pendewasaan ratu Elizabeth, gimana dia meng-handle masalah negaranya juga masalah rumah tangganya. Rumah tangga disini bisa dengan saudara-saudaranya, adiknya, termasuk konflik dengan suaminya pun dibahas cukup menarik. Kalo gue baca-baca, sebenernya ga semua yang diceritakan di The Crown itu bener seperti kenyataannya, dan kita gatau juga apakah memang Ratu Elizabeth memimpin Inggris dengan sikap dan emosi yang ditunjukkan di TV (karena ga ada 100% tau gimana isi keseharian sang Ratu kan), tapi buat ini sangat menarik, apalagi kalo dilihat dari sudut ketika perempuan yang memimpin suatu negeri. Kalo tertarik, coba nonton deh.

Nah, sisa tontonan gue yang paling mendominasi adalah Japanese TV Show! hehehe
Dari dulu belum lepas dari nonton acara TV jepang. Niat utamanya sih supaya tetep membiasakan diri dengan bahasa Jepang sih, gue ngerasa sayang aja kalo gue lupa total karena zaman globalisasi gini kan kemampuan berbahasa tuh sangat dihargai kan. Tapi senangnya adalah banyak banget acara TV show yang seru, lucu, menarik dan menyenangkan untuk ditonton, plus informatif juga. Jadi, gue ada beberapa acara TV yang terus gue tonton dari zaman dulu, yaitu:


Shabekuri 007
Ini talkshow favorit gue dari zaman dulu, karena kocak parah. Yang jadi hostnya atau regular membernya adalah 7 orang komedian dari 3 grup yang berbeda (Cream Stew, Tutorial, Neptune), makanya namanya Shabekuri 007 yak. Konsepnya tiap minggu bakal kedatangan tamu dari berbagai kalangan, ya, kebanyakan selebriti sih ya, tapi si 7 member ini ga pernah tau siapa yang bakal dateng. Jadi, acaranya banyak hal-hal spontan dan kocak banget, karena mereka juga emang komedia yang cukup ternama djuga di Jepang. Pokoknya gue suka banget acara ini, meskipun isinya cuma ngobrol-ngobrol ga jelas. Meskipun gue ga kenal sama tamunya, tetep gue tonton karena pasti lucu, dan gue malah jadi tambah pengetahuan tentang dunia per-selebriti-an di Jepang, hahaha.




Arashi ni Shiyagare
Kalo ini bias dari dulu sih ya emang, segala acara Arashi ditonton pokoknya. Tapi gue suka konsep Arashi ni Shiyagare yang sekarang, masing-masing membernya punya segment sendiri. Gue seneng nonton acara TV yang ada travelnya, jadi gue bisa tau, ooh, sekarang di Jepang ada tempat kaya gini, ada tempat kaya gitu karena gue juga udah belasan tahun ga menjelajah di sana kan. Lumayan menjadi inspirasi gue buat plan travelling ke Jepang (amiin ya Allah).

Honorable Mention buat Japan TV Show lainnya yang selalu gue nanti-nanti juga:
- Sakurai Ariyoshi The Yakai, another talkshow yang dihost Sakurai sama Ariyoshi. banyak segment menariknya
- TOKIO kakeru, masih talkshow dengan selebriti, tapi gue suka banget segmen 'Wanita di Jam 23' yang dia wawancarain cewe-cewe di daerah tertentu di jam 11 malem buat tanya tentang gimana kabar satu hari ini. Heartwarming banget
- Oshareism & A studio yang gue tonton kalo ada artis dikenal yang jadi tamu. Jadi bisa lebih tau hal-hal personil dia yang menarik.

~~~~~

Ya, sekian dulu kaliya. Ternyata panjang juga ya, padahal menurut gue ini belum kesebut semua hal-hal berkesan yang gue tonton selama 2018 (film kan belum dibahas ya). Tapi gapapa, semoga makin banyak konten manfaat berseliweran di sekitar kita yak!

Comments

Popular posts from this blog

Singapore in 3D2N Part 2 : Itinerary

Pengalaman Ikut Test JLPT!

Testimoni Hamil dan Melahirkan