Workaholic

Baru bisa buka blogger lagi setelah sekian lama, jadi bukti betapa hectic October gue wkwk. Bahkan ternyata nulis diary aja gue ga ada waktu. Dan jadi jelas banget kan, kali emang nulis blog tuh belum jadi prioritas gue karena gue udah sebulan bolong ga ngepost sama sekali. Yaelah, kalo ngepos juga emang mau nulis apa sih, kan isinya curhat ga jelas doang. Tapi emang nulis ga jelas itu yang jadi pendamai pikiran gue yang suka carut marut ini wkwkwk.

Kalo liat sebulan belakang emang super padat banget kerjaan. Biasalah pola akhir tahun, waktunya ngabisin anggaran. Apalagi tahun depan tahun politik dan semua orang akan gambling dengan pemerintahan masa depan yang ga jelas kebijakannya bakal kaya gimana. So, semua orang berlomba-lomba menuntaskan agendanya sebelum tahun baru, begitu juga industri O&G sodara-sodara. Emang lucu ya, politik tidak bisa memberi keamanan kepada keberjalanan bisnis.

Jadinya, kroco kaya gue juga kena imbasnya deh. Semua Company bikin tender project, dan kita-kita ini yang mendapat sesuap nasi dari project-project itu harus ikut semua agenda tender mereka. Ini aja deadline tender udah ngantri di depan mata. Kayanya restless nights lagi deh hehe. Tapi seengganya masih bersyukur karena gue ga commute ke Jakarta yang capenya bisa 2x lipat. Lebih ke cape fisik. Ga kebayang kalo gue harus cape mental di tempat kerja plus cape fisik dengan commute. Fix hibernasi di weekend sih. Masalahnya gue punya banyak agenda juga kalo weekend, ya acara ini lah, kumpul ini lah, ngaji lah, ngisi di sini lah, so gue harus pinter-pinter bagi energi. Bagi waktu buat istirahat dan maksimalkan istirahat di weekdays. kalo semuanya dibales di weekend, kayanya ga bagus juga ya. Lagian tidur tuhkan ga bisa sistem pay later gitu ga sih. Kalo lo ga tidur hari senin, ya ga bisa lo bayar dengan tidur lebih di hari selasa. Ga make sense juga sebenernya, karena tidur tuh rutinitas.

Kalo olahraga, untungnya ada kelas Yoga di kantor tiap minggu setelah jam kantor. Gue kan suka banget olahraga macem itu dan emang cocok di gue. Tinggal berdoa aja, semoga ga ada panggilan kerja mendadak yang harus selesai sebelum maghrib, hehe. Dan gue juga berusaha baget weekend seengganya punya waktu buat berenang, sebagai me time juga sih, rehat sejenak dari hiruk pikuk. Walaupun kalo badan lagi remuk, gue lebih milih tidur daripada renang sih.

Oke, jadi tulisan panjang di atas tuh ga begitu nyambung ya sama judulnya (?). Dan tulisan setelah ini pun mungkin ga akan nyambung dengan judul, so keep on reading (ala-ala yutuber).

Jadi gue udah resmi kerja satu tahun (lebih dua bulan) di kantor gue yang sekarang. Ga nyangka juga bisa selama itu, faktor utamanya emang kenyamanan jarak sih, yang deket dari rumah dari juga timnya yang enak. Sebenernya yang mau jadi bahasan gue adalah tentang GAJI. Jadi, ternyata di kantor gue itu tiap bulan Oktober adalah waktunya kenaikan gaji dan bakal banyak keramaian kalo udah menjelang bulan ini, terkait dengan berapa persen naiknya, mau resign pindah ke tempat yang gajinya gede dan lain-lain.

Sejujurnya gue sendiri anaknya tuh bodo amat banget soal hal-hal seperti itu, yang setelah dipikir-pikir itu tuh mindset bodoh juga. Karena lu tuh kerja gitu, masa bodo amat sama gaji?! Gue anaknya ga ngomongin gaji sama bos gue, padahal bukan berarti gue puas dengan keuangan gue ya, karena setelah bekerja dengan real di perusahaan, gue jadi (sedikit) paham bagaimana seharusnya lu harus memberi harga untuk diri lu sendiri atas jasa yang akan lu berikan kepada perusahaan. Dan gaji gue ga gede juga, tapi gue ga peduli dan ga berekspektasi juga sih dengan berapa kenaikan gaji gue nanti. Mungkin orang beda-beda ya, karena kalo gue liat, orang-orang kantor banyak juga yang heboh ngomongin kenaikan gaji itu, yang gue tau padahal gaji mereka jauuuuuh di atas gue. Bikin gue mikir, yaampun itu orang-orang harus berapa gajinya ya sampe mereka puas sama angkanya. Ya, tapi namanya juga manusia ya, kapan puasnya sih? di atas langit masih ada langit, sis.

Ketika gue terima slip gaji Oktober kemaren, emang naik ternyata. Ga signifikan, tapi cukup bikin gue seneng, karena jadi ngerasa kerja gue lebih dihargain. Terakhir gue appraisal sama bos gue, emang gue tuh ga ngomongin soal gaji samsek. Entah kenapa gue menganggap itu hal taboo, padahal sebenernya engga loh, karena bos yang baik itu bertanggung jawab atas kesejahteraan lu juga dan memperjuangkan lu supaya termotivasi kerja lebih baik. Dan ternyata emang ada efek psikologisnya ya kenaikan gaji itu. Cukup untuk meningkatkan self-confidence, ngerasa diri ini lebih worthy dan yang paling penting motivasi untuk meningkatkan performa kerja sih.

Momen yang gue alami sekarang tuh jadi pelajaran banget buat gue. Tentang uang, ya uang. Yammpun kok kaya ngerasa rendah banget yang kalo ngomongin uang tuh. Seakan-akan gue hanya mencari materi di dunia yang fana ini. Tapi ga dipungkiri, masalah dunia tuh banyak disebabkan uang sih, jadi emang harus bijak kalo udah kaitannya dengan uang. Dan kembali lagi ngomongin soal gaji, mungkin gue masih nothing to lose banget sekarang. Dengan gaji pas-pasan, tapi gue belum married, belum punya anak, masih tinggal di rumah orang tua, makan masih numpang sama orang tua. Masih enaaaaaak banget kehidupan gue, dan gue cuma mikirin diri gue sendiri. Tapi momen ini jadi ajang belajar gue untuk bagaimana menjadi orang yang lebih memperjuangkan kehidupan lu yang lebih baik kedepannya. Karena ini masalah kerja, yang lu tuh bukan buat seneng-seneng, enak dan bermanfaat aja, yang kadang lu bakal kehilangan motivasi, kehilangan semangat, yang tenaga lu dikuras abis-abisan, dan banyak hal lain yang harus lu tahan dan bersabar dari tempat kerjaan lu. Tapi lu tetep butuh kerja buat bertahan hidup kan? Jadi pastikan kita semua men-setting diri kita dalam kondisi yang baik, secara psikologis maupun fisik kita untuk terus menjalani hidup (ngomong apa sih gue).

Ini gue bukan ngomongin tentang kecukupan rezeki, berapa angka yang kita butuhkan untuk menjalani hidup dengan lifestyle yang kita inginkan, berapa gaji kita supaya cukup buat anak cucu di masa depan. Bukan kaya gitu. Karena kalo soal rezeki, gue adalah kaum yang meyakini kalo Allah akan cukupkan kebutuhan kita, apa pun itu, dengan skenario-Nya yang Maha Baik dan yang terbaik untuk diri kita. Ini lebih tentang mengharga diri kita sendiri, dengan gaji yang kita terima. Bahwa gaji adalah hak kita, bukan hal yang tabu untuk diomongkan dengan orang, terutama dengan bos dan HR di kantor. Untuk kebaikan diri kita sendiri.

'Ya ampun, Nis. Ngomongin duit banget nih. Kok jadi matre kamu'

Bukan gitu sih niatnya, hehe. Tapi gue pengen share aja hal yang gue pelajari, karena hal uang itu ga pernah gue dapetin pelajarannya di mana pun dan kayanya ga ada juga yang ngajarin hal ini ke anak-anak zaman now. Mikirin uang emang ga melulu baik, uang tuh sumber banyak masalah, orang bisa jadi jahat karena uang. Tapi uang juga bisa jadi perantara banyak kebaikan kalau dipakai dengan benar, seperti bagaimana muslim yang kaya akan punya lebih banyak wasilah untuk melakukan kebaikan daripada muslim yang miskin, lewat hartanya. Gue juga ngeliat dengan fight orang tua gue untuk mencari uang dan mengelola uang itu dengan baik, bisa meyekolahkan anaknya di ITB, UI, dan ITB lagi (dan selanjutnya UI lagi) tanpa masalah, tanpa harus hidup melarat, dan masih bisa bersenang-senang. Dan hal kaya gini ga bakal tau kalo ga mengalami langsung, ya gasih? Makanya jangan bodo amat ya masalah uang :) kalo ada kesempatan jadi kaya, ambil kesemptana itu. Karena orang baik, layak untuk jadi kaya, dan masyarakat layak mendapat orang kaya seperti kamu.

Comments

Popular posts from this blog

Singapore in 3D2N Part 2 : Itinerary

Pengalaman Ikut Test JLPT!

Testimoni Hamil dan Melahirkan