Decluttering My Mind: Instagram Uninstalled!

Yap, jadi ini sepertinya udah jalan 2 minggu lebih semenjak gue uninstall instagram. Dari sulu suka denger cerita temen-temen yg uninstall karena ngerasa ga sehat, bikin penyakit hati, dll. Waktu itu gue mikirnya, lebay juga ya instagra, bikin hidup jadi sakit gitu. Tapi setelah lama-lama diperhatikan, keseharian gue juga lama-lama 'dirusak' sama si IG. Berasa banget, waktu gue yang udah sempit gara-gara kerja keras bagai kuda ini, jadi makin sempit lagi gara-gara terlena ngebuka IG berjam-jam, liatin instastory orang (yang gue nilai 25% adalah story yang bermanfaat, sisanya hmm..), mengeksplor post-post seru yang bisa ditemukan (yang gue sadari, kebanyakan adalah info yang ga gue butuhkan dalam hidup). Trus karena menurut gue udah cukup mengganggu, di suatu sore ketika gue sedang menunggu antrian (antrian apa lupa -,-"), gue hapuslah tuh si IG. UDAH GITU DOANG.

Dan hidup gue damai sentosa sih sampe sekarang. Kadaaaaang bgt ada rasa ingin liat story-story IG juga sh, tapi gue bisa dengan cepat mengalihkan ke hal-hal yang lain, dan ternyata emang jadi banyak hal bisa gue lakukan! Misalnya, gue tiba-tiba inget, 'oh iya, kan masih ada novel yang belum kebaca', 'oh iya, kan online course yang belum dilanjutin', 'oh iya, masih banyak video yutub di watch later yang belum gue tonton'.

OH IYA BAIK GUE MASIH NONTON YOUTUBE. Kalo uninstall yutub tuh kayanya bakal lebih berat lagi sih, hidup gue masih belum bisa lepas dari yutub dan ga ada niatan untuk uninstall yutub. Mungkin karena itu juga, gue masih ringan hati uninstall IG ya, hehe. Tenang, gue juga mencoba memenej tontonan gue di yutub kok.

Ya, dan ternyata emang IG tuh ga signifikan dalam hidup gue juga sih. Mungkin lebih karena gue bukan orang yang mengambil manfaat dari IG ya. Gue bukan selebgram, influencer, dan sejenisnya yang menjadikan itu sebagai mata pencaharian, dan gue juga bukan 'tokoh' yang mencoba menyebar pesan-pesan kebaikan, update info kekinian lewat IG. Kalo temen-temen gue pasti tau betapa jarangnya gue update di feed, juga di IG story. Pernah sih bikin beberapa serial IG story yang 'mencoba' menginspirasi dan sempet ada rencana buat merutinkan hal tersebut. Tapi tetep konklusi akhir gue adalah, IG do more harm than good to me. Makanya gue unistall, dan hidup gue ga jadi hampa, malah jadi lebih kaya dengan aktivitas. Say, Alhamdulillah :)

Gue tidak mencoba mempengaruhi kalian wahai para pembaca untuk uninstall IG kok (ehem, kaya ada pembaca aja nis). Tapi intinya sih decluttering your mind, decluttering your life is really important. Nih kalo butuh arti kata declutter,



Jadi, adalah baik sekali kalo kita coba memikirkan apa yang baik untuk makanan fisik, hati dan pikiran kita supaya mulai mengeliminasi atau setidaknya mengurangi apa yang jadi racun dalam hidup kita masing-masing.

Selamat beberes!

Comments

Popular posts from this blog

Singapore in 3D2N Part 2 : Itinerary

Pengalaman Ikut Test JLPT!

Testimoni Hamil dan Melahirkan