Resolusi Si Penggemar Kucing

Kok judulnya gitu? Jadi gini ceritanya..

Saya punya adik mentor, sebut saja N. Anaknya suka semau sendiri, tapi yang pasti dia penggemar kucing. Ada satu kebiasaan dia yang bikin saya heran sekaligus kagum.

Setiap hari dia bawa sebotol makanan kucing ke kampus.

Waktu pertemuan perdana mentoring, di tengah-tengah pemberian materi, seperti biasa, ada satu kucing berseliweran. N langsung memanggil kucing itu, 'Waduh mau ngapain nih' sebagai anti-kucing, saya ogah banget ada kucing ikutan mentoring saya /-_-/ Ternyata N mengeluarkan sebuah botol dari dalam tasnya, "Sini, kamu laper ya" dan diberilah makan si kucing itu. Saya cuma bisa melongo. "Kamu tiap hari bawa itu?" "Iya kak" "Dikasih ke kucing mana?" "Mana aja kak, seketemu di jalan aja, hehe" "Habis ga tiap hari?" "Biasanya abis sih kak" "ooo (kemudian speechless)". Ketika itu cuma ada satu yang di kepala saya. Salut.

*****

Pertemuan mentoring awal tahun ini, saya buka dengan kegiatan menulis resolusi tahunan. Saya minta setiap mentee saya menulis hal-hal yang ingin mereka capai tahun ini di sebuah kertas. Semuanya asik menulis mimpi-mimpinya yang bisa mencapai satu kertas penuh. Tapi N selesai menulis lebih cepat dari yang lain. "Udah?" "Udah kak, aku ga nulis banyak sih hehe" "Liat dong". Lalu yang pertama dia tulis di kertas adalah

1. Jadi lebih baik sama kucing-kucing di kampus

/gulp/

*****

Mungkin untuk sebagian orang, resolusi ini terlihat lucu. Tapi saya cukup tertancap dengan kalimat ini, ugh, straight to the heart /apasih/ Saya langsung malu dengan resolusi saya, 'Berangkat S2 tahun ini' 'Dapet beasiswa' 'Bisa Qurban sendiri' dll, yaa mungkin terdengar bagus dan besar, tapi terdengar egois juga.

Mimpi besar selayaknya disupport dengan mimpi kecil, mendambakan hal besar dimulai dari memiliki hal-hal sederhana. Seberapa pun besarnya resolusi, apa gunanya kalau ternyata memperbaiki diri setiap hari, sedikit demi sedikit saja kita belum bisa, bahkan belum terpikirkan? Sesimpel N yang ingin makin baik sama kucing-kucing kampus, dia bikin small step untuk memperbaiki dirinya, untuk memberi manfaat buat orang lain (ups, makhluk lain maksudnya, hehe). Mungkin saya juga harus bikin resolusi simpel, 'Ga jajan kalau ga lapar' 'Lebih banyak senyum sama orang' gitu ya?

Orang-orang simpel tuh emang suka inspiratif ya :")

*****

Ya udah begitu aja ceritanya..
Plus bonus foto kucing makan dan botol makanan :)


Comments

Popular posts from this blog

Singapore in 3D2N Part 2 : Itinerary

Pengalaman Ikut Test JLPT!

Testimoni Hamil dan Melahirkan