A bad habit leads problems : Ketika buku membawa masalah...

Beberapa waktu yang lalu, sempet baca sebuah artikel di website (lupa baca dimana) bahwa ternyata wanita menghabiskan rata-rata 20% gajinya untuk membeli pakaian dan aksesorisnya. Wah, 20% tuh lumayan banyak juga loh. Kamu gajinya 2 juta ada, berarti 400 ribunya kamu pake pake buat beli baju ?! ckckck. Sebenernya teori itu ga berlaku buat saya karena alhamdulillah jarang punya obsesi berlebihan dalam berdandan atau berpakaian. Tapi masalahnya, saya punya obsesi lain yang serupa dengan kegilaan wanita terhadap fashio. Obsesi sama buku! (>.<)

Saya emang suka banget baca buku. Mungkin keturunan, karena ayah, ibu, adik-adik saya suka baca buku juga dan kebiasaan itu terus terpelihara sampai sekarang. Ditambah saya tipenya suka baca buku fisik, ga suka baca dari layar, yang membuat saya menjadi suka membeli buku juga. Tambah lagi, Bandung punya Gramedia, Togamas, Rumah Buku, Toko Buku Mufti, dan Tazkia yang bikin opsi 'window shopping' buku jadi lebih menarik (yg berakhir dengan purchase, ga cuma window shopping -_-). Makanya, udah 4 tahun ini ga heran kalo banyak momen-momen kalap buku yang berujung sedikit penyesalan. Bukan penyesalan karena beli buku, tapi penyesalan karena ga punya uang lagi di akhir bulan :"

Saya orangnya suka ga mikir kalo urusannya sama buku. Akses buku murah yang gampang di bandung bikin belanja makin kalap lagi, and it becomes my habit, a bad habit. Kalo liat buku murah (apalagi dalam event pameran buku), "Ayo, nis beli. Itu lagi murah banget, kapan lagi bisa beli buku murah." Akhirnya... ambil satu buku. Pindah stand lain, "Wah, ada buku ini! Diskon lagi! Mumpung nemu." ambil lagi satu... Tau-tau udah numpuk dan akhirnya harus diseleksi lagi karena ga mungkin bisa beli semuanya. Hal itu berlanjut terus sampai sekarang dan menjadi semakin prah akhir-akhir ini.

Bulan November kemarin, kalau dihitung-hitung ternyata hampir 400-500 ribu untuk belanja buku :o berakibat harus berhemat ketat di akhir bulan :") Kalo udah kaya gini, mau ga mau harus ngasih hukuman buat diri sendiri "No more books for next two months" karena sebenernya saya tau, saya ga sedewa itu untuk menghabiskan 7-8 buku yang udah dibeli dalam waktu satu bulan, apalagi mereka bukan buku-buku novel.

Dalam refleksi pribadi, akhirnya saya menyadari bahwa kebiasaan buruk kaya gini harus segera disembuhkan dan keluar dari jeratan obsesi ini, yang mungkin keliatan baik tapi sebenernya banyak bawa mudharat.

Comments

Popular posts from this blog

Singapore in 3D2N Part 2 : Itinerary

Pengalaman Ikut Test JLPT!

Testimoni Hamil dan Melahirkan