2016 was..

Tidak terasa sudah sampai di penghujung tahun lagi :)

meskipun ga punya ritual khusus menyambut tahun baru dan biasanya hanya menikmati kesendirian di kamar kosan seperti biasanya, tapi tetap tidak bisa dipungkiri malamini memang malam yang berbeda. tidak biasanya suara petasan dimana-mana, dari luar kamar terdengar tiupan-tiupan terompet yang mau tidak mau menyadarkan diri sendiri "wah, udah akhir tahun aja ya..."

sebenarnya malam ini sedikit berbeda dari malam-malam tahun baru sebelumnya karena tidak dilewati di rumah (biasanya malam tahun baruan di rumah sambil nonton TV). Tapi karena sekarang sudah bertekad menetap di bandung (dan keluarga yang malah mau visit Bandung), jadilah asik menjomblo di malam tahun baru, haha :) Wah, ternyata sudah dewasa ya, malam tahun baru tanpa orang tua :") apasih

sehinggaaa.... saya memutuskan untuk menulis, menyapa kembali blog yang udah usang ini dengan rekap singkat tentang hal-hal mengesankan dalam hidup 2016 saya ini :)

2016 saya dibuka dengan amanah Majelis Syuro Gamais (yang bikin kita semua jadi ahli 'syuro') dan magang di BPPT bagian konservasi energi. Kerja magang ini bener-bener spontan dan atas kemauan sendiri, ngurus surat sendiri, minta izin sendiri sampai rela libur minggu pertama kuliah karena magang ini. Akses magang ini didapat lewat jalur belakang (wkwk) karena kebetulan Abi kenal dengan salah satu bos di sana. Meskipun singkat (ga sampai sebulan) tapi saya mendapat gambaran tentang kerja PNS, terutama peneliti. Saya ga dapet uang saku atau keuntungan fisik apa pun, tapi sangat bersyukur saya memutuskan untuk magang di BPPT karena memperkuat pengetahuan tentang Fisika Bangunan dan teman-temannya.

Cerita setengah tahun pertama 2016 saya pasti tentang Tugas Akhir. Memulai dengan banyak kebingunan, ekspektasi tinggi, konsultasi tiada henti dengan pak Nugroho (sampai bapaknya bosan liat kita ._.) tapi setelah dijalani perlahan, alhamdulillah banyak kemudahan yang dikasih dalam menyelesaikan TA ini. Bisa dibilang tidak ada kendala yang berarti dan sangat menikmati proses pengerjaannya, semangat mencari literatur, baca puluhan paper tentang bangunan (padahal lebih banyak paper yang ga ada hubungannya sama TA, haha), diskusi panjang ini-itu dengan Inay, 6 bulan berkutat dengan TA ini berhasil membuata saya jatuh hati dengan dunia fisika bangunan dan menjadi aspirasi saya untuk kehidupan mendatang :)

Satu lagi hal besar yang terjadi dalam first-half 2016 saya adalah backpacking pertama sekeluarga ke Singapura ! Hal paling menyenangkan yang ga akan saya lupakan di tahun ini :) Perjalanan ini bener-bener terjadi seperti kejutan, mulai dari WA mendadak dari Ummi  "Teh, insyaa Allah berangkat ke singapura 17-19 Juli ya.." yang berhasil membuat saya :O bikin itenerary bareng mulai dari tujuan wisata, tpurist attraction mana saja yang mau dikunjungi, alur perjalanannya dan akomodasinya. Dari awal ummi udah bilang, "Kita ke Singapura bukan buat kuliner ya," sehingga makan kita di Singapur cuma indomie, McDonalds, dan KFC :") ga nginep di hotel fancy tapi cuma di satu kamar apartemen di Orchard yang disewa murah, commute kemana-mana dengan MRT dan jalan kaki cukup menguras tenaga dan sering kali menghasilkan pertengkaran kecil antara member keluarga. Tapi saya bener-bener bahagia diberi kesempatan untuk melakukan perjalanan kali ini, selain karena Singapur yang emang ramah turis dan menyenangkan untuk dikunjungi, saya merasa didewasakan dengan trip kecil ini yang bisa bikin saya lebih dekat dengan adik-adik, menyadari bahwa keluarga memang harta tak ternilai yang harus kita syukuri :)

Setengah tahun terakhir 2016 saya menguji kesabaran dan kedewasaan saya dengan cukup dalam. Selesai kuliah berarti selesai sudah satu rangkaian perjalanan kehidupan, lalu sekarang mau kemana lagi? Bagi sebagian orang, pertanyaan ini terjawab dengan mudah, tapi saya termasuk yang struggle dalam mencari jawaban. Galau tanpa akhir, sudah bulat keputusan tapi ada kalanya meragu pada diri sendiri, sehingga sebagian besar waktu dihabiskan bertapa di kamar kosan :") Kisah sidang dan wisuda udah banyak diekspos di socmed, jadi sepertinya tidak perlu diceritakan disini ya :p
Setelah wisuda, saya mulai siap-siap untuk daftar universitas impian, urus dokumen, memperbaiki CV, meminta surat rekomendasi, dan membuat personal statement. Sebelum wisuda, kegiatan persiapan S2 saya hanya berkisar browsing, mencari informasi, nonton video-video tips dan trik, tapi ketika wisuda sudah lewat, saya sadar bahwa sekarang saya harus benar-benar 'memulai' semua hal itu dari nol dan itu cukup menguras energi, not physically but mentally.. Meski sampai baru berbuah satu LoA dan masih belum punya beasiswa, Insyaa Allah akan Allah pertemukan dengan jalan terbaik-Nya :)

Ohya satu lagi, di tahun 2016 ini officially jadi M.SG (a.k.a. Master Syuro Gamais) dan (akhirnya) resmi mengakhiri karir saya di Gamais :) hehe. Setelah 3 tahun non-stop wadah dakwah ini, antara lega dan sedih melepas amanah sudah melekat terlalu lama dalam diri saya. Proses regenerasinta cukup memakan waktu dan pikiran, tapi alhamdulillah bisa keluar nama pemimpin-pemimpin kebaikan baru di ITB ini. Barakallah semua :)

Melanjutkan judul yang terpotong, 2016 was incredible and memorable :) Sejujurnya terlalu banyak hal yang terjadi di satu tahun ini dan apa yang telah saya ketik di atas hanyalah satu fragmen kecil kehidupan setahun ini.

Menyambut 2017 yang hanya dalam hitungan menit, mari sapa dia dengan semangat baru dan proyek-proyek kebaikan baru :)

Comments

Popular posts from this blog

Singapore in 3D2N Part 2 : Itinerary

Pengalaman Ikut Test JLPT!

Testimoni Hamil dan Melahirkan